Internasional

Bukan McDonald's atau Starbucks, Ini Franchise Terbesar Dunia

Lifestyle - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
15 August 2018 16:45
Bukan McDonald's atau Starbucks, Ini Franchise Terbesar Dunia
Jakarta, CNBC Indonesia - Meski nampaknya kita menemukan lambang "M" berwarna kuning khas McDonald's dan putri duyung berwarna hijau putih khas Starbucks di mana-mana, ternyata restoran roti lapis atau sandwich bernama Subway memiliki gerai terbanyak dari restoran apapun di dunia.

Pada tahun 2017, Subway memiliki 43.912 gerai di seluruh dunia, mengalahkan McDonald's di posisi kedua dengan 37.241 gerai dan Starbucks di posisi ketiga dengan 27.339 gerai.

Bukan McDonald's atau Starbucks, Ini Franchise Terbesar DuniaFoto: Reuters
Meskipun begitu, jumlah gerai yang tersebar tidak sejalan dengan kenyataan ekonomi.


Penjualan McDonald's dan Starbucks terus tumbuh setiap tahun selama lima tahun terakhir. Sementara itu, penjualan Subway selalu menurun sejak 2014 dan sirkulasi makanannya turun 7,6% selama setahun terakhir, menurut perusahaan peneliti pasar industri makanan Technomic.


Setelah penurunan mulai terjadi, Subway mulai menutup gerai-gerainya. Lebih dari 350 gerai ditutup di tahun 2016, lebih dari 800 gerai berhenti beroperasi di tahun 2017, kemudian 500 gerai gulung tikar di tahun 2018, tulis CNBC International.

Para analis industri menyampaikan ada beberapa poin yang mendasari penurunan ini, khususnya kurangnya inovasi.

Jika McDonald's dan Starbucks terus menciptakan produk baru dan desain gerai untuk menyesuaikan perubahan minat konsumen, Subway justru tertinggal di belakang. Musim panas tahun lalu, gerai sandwich ini mengumumkan desain ulang utama bernama Fresh Forward untuk pertama kalinya selama hampir 20 tahun.

CEO Suzanne Greco, yang merupakan adik paling bontot pendiri Subway Fred DeLuca, baru saja pensiun. Untuk sementara, Trevor Haynes yang mengepalai pengembangan bisnis restoran melaksanakan tugas sebagai CEO.

Kini Subway sedang mencari CEO pengganti yang bukan berasal dari anggota keluarga DeLuca, untuk pertama kalinya sejak perusahaan didirikan di tahun 1965. Banyak pihak kemudian mempertanyakan apakah perubahan itu dapat mengubah nasib restoran dengan gerai terbanyak di dunia ini. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading