Inilah Daftar 50 Restoran Terbaik Dunia di 2018

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
20 June 2018 15:15
Inilah Daftar 50 Restoran Terbaik Dunia di 2018
Jakarta, CNBC Indonesia- Semua koki top dunia berlomba-lomba menghidangkan makanan terbaik agar restaurannya dinobatkan sebagai nomor satu dunia.
 
Tahun ini, para pencipta kuliner terbaik dari lima benua berkumpul di Bilbao, kota pelabuhan di Spanyol, untuk mengadakan upacara penghargaan untuk memilih 50 tempat makan terbaik di tahun 2018 dan, yang terpenting, memahkotai seorang juara.
 
Untuk tahun 2018 ini hadiah utama diberikan kepada Osteria Francescana dan koki kepala Italia Massimo Bottura, yang pengerjaan resep Italia klasiknya yang mempesona dan terkadang surreal berhasil membawanya kembali ke posisi teratas yang pertama kali ia peroleh tahun 2016.


 
Ada beberapa kejutan lain di daftar tiga besar Penghargaan 50 Restoran Terbaik Dunia (World's 50 Best Restaurant Award), dimana posisi ketiga tahun lalu dan pemenang tahun 2015, El Celler de Can Roca, menempati posisi kedua dan restaurant Prancis Mirazur, yang menempati posisi keempat tahun lalu, naik ke urutan ketiga.
 
Eleven Madison Park, pemenang tahun 2018 yang tutup selama beberapa bulan untuk renovasi, disingkirkan ke urutan keempat.
 
"Kami membangun ini bersama-sama," kata Bottura di auditorium Palacio Euskalduna yang penuh sesak, di Bilbao, tempat banyak orang seusianya berkumpul. "Aku tidak akan mengecewakanmu, aku akan menunjukkan kepada dunia bahwa koki-koki di tahun 2018 jauh lebih banyak daripada jumlah resep mereka jika kita tetap bersama."
 
'Tempat kerja manusia'
 
Restoran Eropa memang terus mendominasi penghargaan, yang dikenal sebagai 'Oscar dari dunia restaurant mewah' tersebut, namun kelima benua juga memiliki wakilnya masing-masing, dimana Gaggan, sebuah restaurant di Bangkok, menempati posisi kelima di daftar dan Central, restaurant di Lima, berada di posisi enam.
 
Dalam dunia masak-memasak (gastronom), laki-laki juga terus mendominasi. Sedikitnya daftar pemenang wanita dalam World's 50 Best Restaurant Award tahun ini telah banyak menuai kritikan.
 
Pemenang penghargaan tahun ini, Clare Smyth dari restoran Core di London, mengambil kesempatan untuk membicarakan masalah tersebut sambil berbicara dengan keprihatinan yang lebih luas tentang kesejahteraan di antara karyawan dapur yang terlalu banyak bekerja.
 
"Saya selalu ditanya mengapa kita kekurangan koki wanita, mengapa kita tidak melihat lebih banyak wanita yang muncul di ranking atas ... dan mengapa kita tidak memiliki lebih banyak keragaman," katanya. "Aku tidak punya jawabannya."
 
Dia mengatakan industri tersebut perlu menciptakan lingkungan kerja yang lebih baik dan menjadikan restoran sebagai tempat kerja yang setara dan "lebih manusiawi bagi laki-laki dan perempuan."
 
"Kita harus menarik garis di bawah ini dan memastikan kita menjernihkan jalan bagi generasi berikutnya. Saya tidak dapat menunggu sampai kita mencapai kesetaraan dan melihat perdebatan terus berlanjut."
 
Hadiah penting lainnya diantaranya adalah Penghargaan Prestasi Seumur Hidup (Lifetime Achievement Awards), yang diberikan kepada koki Peru, Gaston Acurio dari resturan Astrid y Aston. Cedric Grolet dari Prancis memenangkan Best Pastry chef dan Azurmendi dari Spanyol mengambil hadiah untuk keberlanjutan.
 
Menurut penyelenggara, hasil diperoleh dari panel voting 'independen' yang terdiri dari 1.000 hakim yang tunduk pada ajudikasi.
 
Upacara penghargaan dimulai dengan penghormatan kepada legenda kuliner yang telah meninggal di tahun sebelumnya. Di antaranya adalah Gualtiero Marchesi, koki Italia pertama yang menerima tiga bintang Michelin, dan 'paus gastronom' Prancis, Paul Bocuse.
 
Anthony Bourdain, presenter CNN, penulis dan koki yang sering mencerca tempat-tempat makan mewah yang dirayakan oleh penghargaan, juga dikenang. "Kejujurannya, tekadnya dan pernyataan kebenarannya yang keras mengubah industri kami menjadi lebih baik," kata William Drew, editor kelompok dari World's 50 Best Restaurant.
 
 
Dilansir dari CNN, berikut 50 restoran terbaik dunia:
 
1. Osteria Francescana (Modena, Italia) *restoran terbaik di Eropa*
2. El Celler de Can Roca (Girona, Spanyol)
3. Mirazur (Menton, Prancis)
4. Eleven Madison Park (Kota New York) *restoran terbaik di Amerika Utara*
5. Gaggan (Bangkok) *restoran terbaik di Asia*
6. Central (Lima, Peru) *restoran terbaik di Amerika Selatan*
7. Maido (Lima, Peru)
8. Arpege (Paris, Prancis)
9. Mugaritz (San Sebastian, Spanyol)
10. Asador Etxebarri (Axpe, Spanyol)
11. Quintonil (Mexico City, Meksiko)
12. Blue Hill di Stone Barns (Pocantico Hills, New York)
13. Pujol (Mexico City, Meksiko)
14. Steirereck (Wina, Austria)
15. White Rabbit (Moskow, Rusia)
16. Piazza Duomo (Alba, Italia)
17. Den (Tokyo, Jepang) *pemanjat peringkat tertinggi*
18. Disfrutar (Barcelona, Spanyol) *pendatang baru tertinggi*
19. Geranium (Kopenhagen)
20. Attica (Melboure, Australia)
21. Alain Ducasse au Plaza Athenee (Paris, Prancis)
22. Narisawa (Tokyo, Jepang)
23. Le Calandre (Rubano, Italia)
24. Ultraviolet (Shanghai, China)
25. Cosme (Kota New York)
26. Le Bernardin (Kota New York)
27. Borago (Santiago, Chili)
28. Odette (Singapura) *pendatang baru*
29. Alléno Paris au Pavillon Ledoyen (Paris, Prancis)
30. D.O.M. (São Paulo, Brasil)
31. Arzak (San Sebastian, Spanyol)
32. Tickets (Barcelona, Spanyol)
33. The Clove Club (London, UK)
34. Alinea (Chicago)
35. Maaemo (Oslo, Norwegia) *pendatang baru*
36. Reale (Castel Di Sangro, Italia)
37. Reataurant Tim Raue (Berlin, Jerman)
38. Lyle's (London) *pendatang baru*
39. Astrid y Gastón (Lima, Peru)
40. Septime (Paris, Prancis)
41. Nihonryori RyuGin (Tokyo, Jepang)
42. Ledbury (London, Inggris)
43. Azurmendi (Larrabetzu, Spanyol) *penghargaan restoran berkelanjutan*
44. Mikla (Istanbul, Turki) *pendatang baru*
45. Dinner by Heston Blumenthal (London, Inggris)
46. Saison (San Francisco)
47. Schloss Schauenstein (Fürstenau, Switzlerand) *pendatang baru*
48. Hiša Franko (Kobarid, Slovenia) *pendatang baru*
49. Nahm (Bangkok, Thailand)
50. Test Kitchen (Cape Town, Afrika Selatan) *Restoran terbaik di Afrika* 




(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading