Ini 5 Film Box Office Berpotensi Dapat Oscar Kategori Khusus

Lifestyle - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
11 August 2018 16:55
Ini 5 Film Box Office Berpotensi Dapat Oscar Kategori Khusus
Jakarta, CNBC Indonesia - The Academy of Motion Picture Arts dan Sciences pekan ini mengumumkan kategori penghargaan baru yang dinominasikan sebagai film populer terbaik dalam Academy Awards (Oscar) pada 2019 mendatang.

Pengumuman kategori baru tersebut menimbulkan kontroversi di kalangan kritikus maupun para selebriti menyambut pengumuman nominasi film yang akan masuk dalam nominasi Oscar tahun ini.

"Pengumuman tersebut masih samar-samar hanya dikatakan bahwa kategori baru tersebut dirancang melihat pencapaian yang diraih film-film terpopuler. Kami belum tahu persis syarat film-nya seperti apa serta kriterianya. Atau apakah film tersebut yang paling banyak menghasilkan penjualan atau anggaran yang banyak," ujar pihak The Academy of Motion Pictures Arts dan Sciences dilansir dari Business Insider.


Pihaknya menyatakan bahwa film yang populer serta tradisional film dinilai dapat masuk dalam kategori Oscar dengan nominasi sebagai best pictures. Sehingga kategori baru tersebut akan diperkenalkan pada Oscar perhelatan Oscar berikutnya di awal 2019.

Namun, rencana tersebut diperkirakan pihaknya dapat menimbulkan kemarahan dari orang-orang yang berpendapat bahwa film populer tidak bisa disamakan standarnya dengan film-film lain yang memiliki konten best pictures selama ini.

Pihaknya menambahkan, seluruh pihak harus terbiasa dengan penghargaan baru tersebut, film-film tersebut akan lebih dikenal oleh Acedemy di tengah minimnya penghargaan kepada film-film tersebut.

Setidaknya, film seperti Black Panther juga layak untuk masuk dalam nominasi best pictures walaupun tidak bisa memenangkan nominasi tersebut.

"Kami telah memikirkan tentang film-film tersebut hingga Oscar terakhir (2018) untuk bisa memenangkan penghargaan semacam itu. Berdasarkan definisi tradisional, salah satu kriteria film populer yang akan masuk tersebut memiliki kesuksesan penjualan dan jumlah penonton yang besar (box office) serta banyak mendapat perhatian kriitikus Film.

Dari kriteria tersebut, setidaknya terdapat lima film box office pada 2018 yang dapat dipertimbangkan untuk masuk dalam nominasi Oscar :

1. A Quiet Place
Ini 5 Film Box Office Berpotensi Dapat Oscar Kategori KhususFoto: Ist

Film horror hits yang berjudul "A Quiet Place" dibintangi oleh aktor Joh Krasinski bercerita tentang perdebatan keluarga yang sedang bertahan hidup di dunia yang dihuni oleh makhluk yang memburu melalui aktivitas suara.

Film tersebit mendapat pujian dari para kritikus dengan menghasilkan skor 95% pada Rotten Tomatoes. Nilai penjualan dari film ini mencapai US$ 332 juta di seluruh dunia dengan biaya pembuatan film senilai US$ 17 juta.

2. Avengers : Infinity War
Ini 5 Film Box Office Berpotensi Dapat Oscar Kategori KhususFoto: Ist

Sepanjang 2018, film Avengers : Infinity War sangat layak untuk mewujudkan gagasan Oscar sebagai film terpopuler. Film tersebut memecahkan rekor box office Amerika Serikat (AS) dengan meraih US$ 258 juta dalam pemutarannya di akhir pekan.

Salah satu film terbesar tersebur meraih penjualan kotor senilai US$ 2 miliar di seluruh dunia. Film tersebut bukan hanya disukai penggemarnya namun juga para kritikus.

3. Black Panther
Ini 5 Film Box Office Berpotensi Dapat Oscar Kategori KhususFoto: REUTERS/Mario Anzuoni

Sebelum kemunculan Infinity War, film Black Panther membuktikan dominasi Marvel dalam bisnis waralaba (franchise) perfilman dengan menunjukkan sisi suatu budaya dengan cara yang berbeda. Film tersebut merupakan film superhero pertama dengan pemeran yang didominasi oleh aktor berkulit hitam.

Film tersebut juga memecahkan rekor box office dengan penjualan mencapai US$ 1 miliar di seluruh dunia. Film ini juga menjadi favorit para kritikus yang diharapkan masuk dalam penghargaan Oscar tahun depan.

4. Incredibles 2
Ini 5 Film Box Office Berpotensi Dapat Oscar Kategori KhususFoto: Ist

Film Incridibles 2 baru saja melampaui penjualan senilai US$ 1 miliar di seluruh dunia, menjadikannya film animasi terlaris di AS sepanjang masa. Sekuel yang diproduksi Pixar tersebut sangat ditunggu-tunggu oleh penggemar serta para kritikus dengan skor sebesar 94% di Rotten Tomatoes.

5. Mission : Impossible - Fallout
Ini 5 Film Box Office Berpotensi Dapat Oscar Kategori KhususFoto: Ist

Fim ini adalah salah satu film "mission" terbaik yang pernah ditinjau oleh Rotten Tomatoes dengan skor 97%. Film ini diperankan oleh Tom Cruise sebagai aktor utamanya.

Film franchise tersebut juga layak mendapat pengakuan dari Academy Awards yang memenangkan box office saat gelaran perdananya di akhir pekan. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading