Royal Ascot, Lomba Pacu Kuda Ajang Kumpul Sosialita

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 June 2018 14:23
Royal Ascot, Lomba Pacu Kuda Ajang Kumpul Sosialita
Jakarta, CNBC Indonesia- Pada18 Juni - 22 Juni 2018 kemarin, sosialita dari penjuru dunia berkumpul di Inggris untuk menikmati lomba pacuan kuda, Royal Ascot. Apa sebenarnya yang istimewa dari lomba pacuan kuda ini?

Para bangsawan yang hadir mulai dari anggota kerajaan Inggris, Pangeran Sheikh Hamdan dari Dubai, bahkan penyanyi kenamaan Indonesia Maia Estianti.

Royal Ascot adalah lomba pacu kuda tertua di dunia, tradisi yang berlangsung sejak 1711. Lomba pacuan kuda ini menampilkan kuda ras terbaik di dunia. Serta telah menjadi ajang olahraga paling bergengsi di Inggris.


Sebelum acara tersebut berlangsung, setiap harinya dimulai dengan Royal Procession (Prosesi Kerajaan) di mana Ratu Elizabeth II dan anggota kerajaan Inggris lainnya yang mendampinginya tiba dengan menggunakan kereta kuda yang disebut Landau.

Menurut situs resmi www.ascot.co.uk sedikitnya akan ada 300 ribu orang yang menghadiri perlombaan kuda tersebut. Ajang ini juga menjadi pesta besar bagi seluruh peserta yang hadir.

Tidak hanya menonton pacuan kuda, mereka juga bisa bersantai, menyantap hidangan super lezat dan menikmati konser yang berlangsung hingga malam hari. Menurut Harper's Bazaar, pembalap kuda yang berlomba akan memperebutkan uang lebih dari $ 9,6 juta ( Rp 135 miliar) untuk diboyong. 

Harga Tiket
Menurut situs resmi www.ascot.co.uk untuk bisa menikmati Royal Enclosure perlu adanya surat rekomendasi keanggotaan di bagian paling eksklusif di acara olahraga paling mewah dunia itu. 

Sama halnya dengan lomba pacuan kuda lainnya, untuk memasuki Royal Ascot tidaklah sulit seperti dibayangkan. Ada beberapa fasilitas yang bisa dipilih para pengunjung seperti Windsor Enclosure yakni tidak memiliki aturan dalam berpakaian kecuali mengenakan kaus.

Meski begitu baik pria maupun wanita haruslah tetap berpenampilan formal dan elegan. Ikuti aturan dress code sesuai dengan kesempatan yang dihadiri.

Kemudian, pada fasilitas Queen Anne Enclosure setara seperti gaya bangsawan yang dimana para tamu wanita diminta berpakaian rapi disertai topi di kepala khas ratu Inggris. Sedangkan para pria, harus memakai jas dan dasi.

Perlu diingat, para wanita harus berdandan sederhana dan sopan dengan batasan tertentu ala kerajaan Inggris. Beberapa diantaranya seperti tidak memakai rok diatas lutut, celana dengan panjang yang sempurna buat para pria dan wajib mengenakan topi kebangsaan.

Menurut situs resmi tersebut, bagi yang berencana untuk menikmati Royal Enclosure harus mempersiapkan biaya mulai dari £120 (Rp 2,2 juta). Disana para  tamu dapat menikmati pop up bar, stand makanan dan live musik hingga jam 9 malam. Harga tersebut tentunya berbeda bila Anda memilih kelas yang lebih private, seperti menikmati makan malam dengan hidangan ala standar koki michelin. (gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading