Piala Dunia 2018

Tajamnya Insting Gol dan Bisnis Cristiano Ronaldo

Lifestyle - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
20 June 2018 13:04
Jakarta, CNBC Indonesia - Malam ini, Piala Dunia 2018 menyuguhkan partai Portugal melawan Maroko. Laga ini bisa kembali menjadi pentahbisan takhta Cristiano Ronaldo sebagai pesepakbola terbaik sejagat. 

Dalam pertandingan perdana melawan Spanyol, Ronaldo mencetak hattrick ke gawang David De Gea dan mampu memaksakan hasil imbang 3-3. Kantor berita BBC memberi nilai 8,13 atas penampilan Ronaldo.

Pemain Portugal lainnya punya nilai jauh di bawah CR7. Paling dekat adalah Bernardo Silva, itu pun nilainya hanya 5,98. Jauh, bung...
 


Ronaldo tidak hanya hebat, tetapi bisa diandalkan. Penampilan CR7 selalu bisa mengangkat performa tim secara keseluruhan. Itu lah yang dilakukan Ronaldo, baik di Manchester United, Real Madrid, sampai tim nasional Portugal. 

Selama membela Real Madrid, Ronaldo menyumbang 450 gol dari 438 penampilan (rasio gol 1,03 per pertandingan). Sementara di level tim nasional, Ronaldo menyumbang 84 gol dari 151 pertandingan (rasio 0,56 gol per laga).

Bahkan di usia yang sudah 33 tahun pun kondisi fisik Ronaldo tetap prima. Bagai anggur, Ronaldo semakin berharga seiring bertambahnya umur.

Menurut CIES Football Observatory, Ronaldo punya 'harga' 103,4 juta euro (Rp 1,7 triliun). Dari 100 nama pesepakbola termahal versi CIES, Ronaldo menempati urutan 24. Namun dari 100 nama itu, Ronaldo jadi yang tertua. Usia tidak menghalangi Ronaldo untuk terus menjadi pemain berharga mahal. 

Performa yang eksepsional membuat Ronaldo dibayar mahal. Tidak hanya oleh Real Madrid, tetapi juga deretan sponsor.

Berbagai perusahaan dan merek ternama menggunakan Ronaldo sebagai 'papan iklan' mereka. Seperti Tag Heuer, Nike, Unilever, Armani, dan sebagainya.
 

Menurut Forbes, kekayaan Ronaldo ditaksir bernilai US$ 108 juta (Rp 1,52 triliun). Dari hasil kerja kerasnya, Ronaldo membeli berbagai mobil mewah seperti Ferrari, Lamborghini, sampai Bugatti. Bahkan Ronaldo miliki pesawat jet pribadi, yang harganya ditaksir US$ 17 juta (Rp 239,41 miliar). 

(aji/aji)
1 dari 2 Halaman
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading