Harga Katering Diet Dian Sastro Paling Mahal di Jakarta

Lifestyle - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
27 May 2018 19:49
Tak heran bila bisnis katering diet sehat, khususnya di Jakarta dan sekitarnya semakin menjamur, salah satu catering diet yang terkenal adalah 3 Skinny Minnies.
Jakarta, CNBC Indonesia - Kini banyak yang mulai sadar akan hidup sehat. Tak heran bila bisnis katering diet sehat, khususnya di Jakarta dan sekitarnya semakin menjamur, salah satu catering diet yang terkenal adalah 3 Skinny Minnies.

Katering diet milik selebriti Dian Sastrowardoyo bersama empat sahabatnya -Jessica Halim, Putri Hardiman Alamsyah, Reina Latif Wardhana dan Tana Suwardhono- sudah hadir sejak akhir 2013 dan semakin laris hingga saat ini. Saat ditemui CNBC Indonesia secara eksklusif di kawasan Kebayoran Lama, Tana selaku penanggung jawab atas 'dapur' untuk 3 Skinny Minnies bercerita sedikit mengenai bisnis makanan sehat bersama empat sahabatnya itu.

3 Skinny Minnies dimulai atas dasar keinginan lima wanita cantik ini untuk menurunkan berat badan. Kala itu, bisnis katering diet belum semarak sekarang dan mereka mencari cara bagaimana bisa tetap makan sehat tapi enak. Karena suka makan dan masak, mereka mencoba membuat menu diet sehat sendiri.


"Memulai catering ini karena hobi makan dan masak, terus kita pengen kurus. Akhirnya coba diet tapi kok makanan diet nggak enak ya. Akhirnya kita bikin sendiri eh enak dan berhasil turun berat badannya. Terus saudara, teman-teman minta bikinin juga, mulai dari situ jadi jualan," cerita Tana kepada CNBC Indonesia di rumahnya, kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Berangkat dari pesanan orang-orang terdekat, tercetuslah ide membuat bisnis catering diet. Nama 3 Skinny Minnies pun terbentuk begitu saja tanpa makna khusus di baliknya. Berbagai menu makanan sehat dibuat untuk menarik minat pembeli.

Tana mengatakan, menu yang ditawarkan sangat beraneka ragam mulai dari makanan Asia, Amerika, Eropa, hingga Afrika bisa menjadi pilihan. Keragaman menu ini diberikan agar pelanggan tidak merasa bosan. Untuk resepnya, wanita 38 tahun itu mengaku punya racikan sendiri dan biasa terinspirasi dari makanan di berbagai restoran atau saat traveling.

"Biasanya terinspirasi dari nonton TV, makan di restoran, apalagi kalau traveling nggak cuma aku tapi yang lain juga, misalnya enak banget ini sandwich difoto terus gimana ya bikin versi 3 Skinny Minnies. Tapi kita nggak mau kompromi sama rasa dan kualitas karena apa yang kita kasih ke customer itu juga kita kasih ke keluarga jadi sudah pasti dari bahan berkualitas," papar Tana lagi.

Ya, Tana mengaku banyak menggunakan bahan impor terutama buat sumber protein seperti daging. Mereka menggunakan daging impor Australia dan beberapa negara lain. Selain itu, sejumlah bumbu juga masih impor demi mendapatkan rasa yang enak tapi tetap sehat.

Bahkan dulu saat baru memulai, 90% bahan yang digunakan impor karena belum tersedia secara lokal. Namun seiring berjalannya waktu, Tana mengaku sudah memakai 80% bahan lokal dan 20% masih impor.

Melihat hal ini, tak heran jika harga yang ditawarkan lebih tinggi dari katering lainnya. Tana mengakui kalau 3 Skinny Minnies menjadi katering diet termahal di Jakarta. Tidak hanya karena bahan yang impor tapi juga pelayanan.

"Jangan pikir lokal itu murah ya karena yang kita cari bukan bahan-bahan lazim contohnya sekarang ada nasi putih tanpa gula itu tanamnya di sini tapi bibit dari Jepang, itu jauh lebih mahal dari beras impor. Proteinnya kita semua impor ya selain ayam. Daging kita pakai wagyu, bahan-bahan alternatif lokal bukan sembarangan untuk nyari yang kualitasnya bagus. Kita menawarkan pelayanan personal banget dan semua masih homemade banget," jelasnya.

Jessica Halim menambahkan, 3 Skinny Minnies memberikan pelayanan eksklusif untuk setiap pelanggan. Para pelanggan bisa minta makanan sesuai kondisi mereka, misalnya tidak dapat pakai bawang putih, saos, dan lainnya sebagainya. 3 Skinny Minnies juga menyediakan free jasa konsultasi soal diet kepada para pelanggan.

Jessica pun menuturkan kalau target pasarnya memang kelas A plus. Berbicara soal harga, paket catering diet 3 Skinny Minnies mulai dari Rp 1 juta sampai Rp 1,7 jutaan per minggu (Senin sampai Jumat) untuk makan siang saja atau ditambah makan malam.

Tidak hanya itu, ada pula paket diet intensif yang ditawarkan dengan harga Rp 2,9 juta dalam dua minggu. Paket lain yang juga cukup unik adalah menu diet untuk calon pengantin sebesar Rp 3,8 jutaan selama tiga minggu.

Jika saat baru memulai pesanan sekitar sepuluh, kini Tana menuturkan kalau 3 Skinny Minnies bisa menerima 60 sampai 80 order setiap minggu. Pelanggan yang datang sebagian besar orang kantoran dan sisanya ibu rumah tangga.

Diakui Tana dan Jessica, nama Dian Sastrowardoyo sebagai selebriti sekaligus pemilik membantu meningkatkan popularitas 3 Skinny Minnies sehingga berkembang cepat. Tidak hanya itu, keduanya juga menyebut kalau Dian merupakan salah satu orang yang paling berpengaruh dalam bisnis ini.

"Dia paling vokal soalnya, yang bilang ini harus jadi bisnis itu Dian. Mau dia artis atau bukan pada saat itu dia yang kasih kita keberanian dan banyak ide jadi Dian sangat intergral sih," aku Jessica.

3 Skinny Minnies hanya menerima pesanan dari seluruh Jakarta dan memberikan layanan gratis pengiriman. Untuk pesanan di luar Jakarta seperti Bekasi atau Depok tetap bisa dilayani tapi ada tambahan biaya antar.

Untuk ke depannya, baik Tana maupun Jessica menuturkan bahwa mereka sepakat tidak berencana membuat restoran 3 Skinny Minnies. Mereka ingin catering diet ini tetap memiliki pelayanan yang personal. Selain itu, mereka juga merasa peluang bisnis membuat restoran catering diet kurang bagus.

"Kita mau keep-nya personal, kalau restoran maunya grab orang lebih banyak. Kalau buka di mal siapa yang mau makan makanan diet. Kita saja kalau di mal maunya makan enak. Jadi ya itu sih pertimbangannya," tambah Tana.
Artikel Selanjutnya

Omzet Catering Diet Lesu di Ramadan, Meroket Usai Lebaran


(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading