Studi: Meditasi Bantu Otak Tetap Fokus

Lifestyle - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 April 2018 13:52
Studi: Meditasi Bantu Otak Tetap Fokus
Jakarta, CNBC Indonesia - Jika Anda khawatir tentang rentang pikiran dan kurang fokus terhadap apapun, pertimbangkanlah untuk bermeditasi. Berkurangnya fokus bisa saja terjadi lantaran otak Anda mengalami penuaan.

Studi longitudinal paling ekstensif menyebutkan tentang bagaimana meditasi meningkatkan kemampuan Anda untuk fokus baru saja diterbitkan bulan lalu dalam Springer of Journal of Cognitive Enhancement. Paparan studi itu menunjukkan bahwa meditasi memiliki potensi untuk mengubah lintasan longitudinal dari perubahan kognitif di kehidupan seseorang, dilansir dari CNBC International.

Dengan kata lain, itu bisa mencegah penurunan mental yang berkaitan dengan usia.


Penulis utama Anthony Zanesco, seorang psikolog di University of Miami, dan rekan-rekannya yang melakukan studi selama tujuh tahun menemukan fakta bahwa latihan meditasi intensif dan berkelanjutan dapat membuat perhatian atau fokus jauh lebih baik.

"Studi ini adalah yang pertama yang menawarkan bukti bahwa latihan meditasi intensif dan berkelanjutan berkaitan dengan perbaikan perhatian yang berkelanjutan," kata mereka.

Percobaan ini dimulai tahun 2011 ketika Zanesco dan rekan-rekannya menilai peserta yang berusia antara 22 hingga 69 tahun, sebelum dan sesudah mereka menghadiri retret tiga bulan di Shambhala Mountain Centre di Colorado.

Para peserta menjalani berbagai jenis pelatihan meditasi, seperti mempertahankan fokus pada objek, berlatih teknik pernapasan sadar dan membangkitkan perasaan positif akan belas kasih, cinta kasih, kegembiraan, empati, dan keseimbangan untuk orang lain dan diri mereka sendiri.

Hasil temuan dari penelitian langsung diterbitkan setelah retret dan mengungkapkan bahwa pelatihan itu meningkatkan kesejahteraan emosi partisipan dan mendorong mereka untuk melakukan hal lebih baik pada tugas-tugas yang berkaitan dengan fokus dan mempertahankan perhatian.

Tujuh tahun kemudian, ketika peneliti memeriksa kembali kelompok itu dan semua peserta melaporkan bahwa mereka terus bermeditasi dalam beberapa kapasitas dan evaluasi yang menunjukkan perbaikan mental.

Bahkan, semakin banyak mereka bermeditasi, semakin baik mereka mempertahankan manfaat dari pelatihan tujuh tahun sebelumnya. Ini terutama berlaku untuk peserta yang lebih tua.

Jauh pada tahun 2007, eksperimen telah menunjukkan bahwa mereka yang bermeditasi lebih baik dalam memperhatikan sesuatu. Sebelum itu, sebuah penelitian pun menunjukkan bagaimana meditasi mengubah otak, memperluas daerah yang terkait dengan perhatian terfokus.


Temuan yang lebih baru yang disorot oleh New York Times menunjukkan bahwa hanya tiga hari meditasi yang penuh perhatian dengan memperhatikan sensasi sentuhan tubuh Anda sendiri dapat memperkuat hubungan antara area-area dalam otak Anda yang terkait dengan fokus dan mengolah reaksi terhadap stres.

Manfaaf meditasi ini banyak digunakan oleh berbagai perusahaan, termasuk Google, Target, dan Intel, untuk menawarkan pelatihan meditasi dan kesadaran kepada karyawan mereka untuk mengatasi stres dan meningkatkan produktivitas dalam bekerja.

Dan sekarang temuan baru-baru ini dikeluarkan oleh UC Davis yang menyatakan bahwa pelatihan meditasi intensif dapat memberi Anda manfaat kognitif selama Anda bisa terus berlatih. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading