Milenial Ternyata Rela Putus Pacaran Demi Karir

Lifestyle - Raditya Hanung Prakoswa, CNBC Indonesia
04 March 2018 11:35
Milenial Ternyata Rela Putus Pacaran Demi Karir
Jakarta, CNBC Indonesia - Meskipun terkadang diberi label sebagai generasi yang "pemalas", ternyata milenial rela berkorban banyak demi pengembangan karirnya. 

Berdasarkan hasil survey yang dilakukan Comet kepada 364 karyawan milenial lajang yang belum memiliki anak di Amerika Serikat (AS), ditemukan bahwa 41% dari total responden tersebut akan memutuskan pasangannya untuk mendapatkan promosi pekerjaan yang signifikan.

Milenial Ternyata Rela Putus Pacaran Demi Karir
Keseriusan milenial dalam mengejar karirnya juga ditunjukkan oleh hasil survei yang menyatakan bahwa milenial "jomlo" rela menunda berpacaran hingga 11 tahun apabila itu berarti mendapatkan promosi yang signifikan dalam pekerjaannya. Selain itu, milenial yang sudah berpacaran juga siap untuk menunda pernikahannya hingga tujuh
tahun untuk kemajuan karirnya.


Apabila dikaitkan dengan pendapatan, hampir sepertiga (32%) dari responden menyatakan mereka siap memutuskan pasangannya apabila mendapatkan peningkatan gaji yang signifikan. Lalu untuk jumlah peningkatan gaji berapa, mereka akan mengakhiri hubungannya? 

Berdasarkan rata-rata hasil survei, ternyata milenial rela untuk memutuskan pasangannya apabila mendapatkan peningkatan pendapatan sebesar US$37.000/tahun (atau sekitar Rp 496 juta/tahun). Apabila dikonversi secara bulanan, jumlah tersebut berarti sekitar Rp 41 juta/bulan.
Milenial Ternyata Rela Putus Pacaran Demi Karir
Sebagai tambahan, untuk membuat milenial menunda menikah dan memiliki anak, ternyata diperlukan peningkatan gaji yang lebih besar. Secara rata-rata, responden berkata bahwa peningkatan gaji sebesar US$64.000/tahun cukup untuk menunda pernikahannya, sedangkan jumlah sebesar US$67.000/tahun dibutuhkan untuk menunda memiliki anak. 


Namun demikian, rela berkorban untuk mengejar karir, bukan berarti milenial tidak mau berkompromi demi pasangannya. Tercatat 86% dari responden mengatakan mereka rela pindah ke kota lain apabila pasangannya mendapatkan tawaran pekerjaan yang lebih baik. Bahkan, 59% dari responden menyatakan siap untuk pindah ke negara lain. (gus/gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading