iPhone 7 Plus Terlaris Kedua di China Setelah Oppo R9s

Lifestyle - Ester Christine Natalia, CNBC Indonesia
16 January 2018 11:12
iPhone 7 Plus berhasil memperoleh 2,8% pangsa pasar dari total penjualan di China setelah Oppo R9s
  • Apple iPhone 7 Plus memperoleh 2,8% dari total pangsa pasar ponsel pintar di China, berdasarkan penelitian Counterpoint Research
  • Apple adalah satu-satunya merek asing yang produknya masuk ke jajaran 10 besar ponsel terlaris di China tahun 2017
  • Oppo R9s adalah ponsel paling laris di China tahun 2017
 
Jakarta, CNBC Indonesia - Apple menjadi satu-satunya merek asing yang produknya masuk ke jajaran 10 besar ponsel terlaris di China tahun 2017.

Apple iPhone 7 Plus berhasil memperoleh 2,8% pangsa pasar dari total penjualan di negara dengan pasar ponsel pintar terbesar di dunia ini, menurut data dari Counterpoint Research yang dirilis Senin (15/1/2018) dan dikutip oleh CNBC.

Produk Apple, raksasa teknologi Amerika Serikat (AS), berlayar lebar itu berada di posisi kedua di bawah produk China Oppo R9s yang memperoleh 3% pangsa pasar.


iPhone 7, yang dirilis bulan September 2016, terjual dengan baik di semester pertama tahun 2017, kemudian memperoleh keuntungan di semester kedua berkat pemotongan harga di China, ungkap analis Counterpoint James Yan di artikel blognya hari Senin.

Yan menyebut harga iPhone 7 Plus dengan memori 128GB didiskon sekitar 16%.

Produk iPhone 7 yang memiliki layar lebih kecil dari seri 7 Plus berada di posisi kelima sebagai gawai terlaris di China dengan pangsa pasar sebesar 2,4%.

“iPhone 7 Plus bekerja lebih baik dibanding iPhone 7, yang menunjukkan bahwa saat ini harga pasar bisa jadi bukan satu-satunya pertimbangan konsumen di China. Pengguna Apple mungkin memilih spesifikasi yang lebih baik ... dibanding harga,” kata Yan.

Sementara itu, Vivo X9 dan Oppo A57 juga masuk ke dalam daftar lima besar ponsel terlaris menurut Counterpoint.

Apple mengalami kesulitan penjualan selama dua tahun belakangan di China. Akan tetapi, laporan pendapatan terakhir Apple menunjukkan tanda pembalikan arah.

Raksasa teknologi AS ini mencatat pendapatan dari seluruh wilayah China pada kuartal keempat tahun fiskalnya meningkat 12% dibanding tahun sebelumnya (year-on-year/ yoy).

China adalah pasar ponsel yang sangat kompetitif. Sebelumnya, Samsung sempat mendominasi pasar yang sekarang dikendalikan oleh pemain lokal ini.

Huawei memperoleh 19,4% pangsa pasar pada kuartal ketiga tahun 2017, diikuti oleh Oppo, Vixo, Xiaomi dan Apple, menurut data International Data Corporation (IDC).

Huawei telah mengeluarkan biaya pemasaran yang agresif dan telah meraup keuntungan darinya. Saat ini, perusahaan tersebut adalah produsen ponsel pintar ketiga terbesar di dunia berdasarkan pangsa pasar.

Raksasa teknologi ini memperoleh pangsa pasar dengan merilis beberapa ponsel pintar dengan berbagai kisaran harga untuk menarik minat lebih banyak kalangan.

Oppo dan Vivo, yang sama-sama dimiliki oleh BBK Electronics di China, tumbuh sangat pesat tahun lalu.

Mereka menjual ponsel spesifikasi tinggi dengan harga menengah di China, dan berhasil memperoleh pangsa pasar dengan menjual gawai secara luring (offline). Hal ini membuat mereka mampu memperluas jangkauan sampai ke kota-kota kecil.

“Ketimbang mengisi pasar dengan pilihan model yang luas [seperti Samsung], Oppo memberikan penawaran dengan model yang relatif terbatas, serta lebih menggencarkan promosi untuk produk-produk kunci,” kata Yan.

Berikut ini adalah daftar 10 ponsel terlaris di China tahun 2017.

·         Oppo R9s
·         iPhone 7 Plus
·         Vivo X9
·         Oppo A57
·         iPhone 7
·         Oppo R11
·         Vivo Y66
·         Honor 8 Lite
·         Xiaomi RedMI Note 4X
·         Honor Enjoy 6X
Artikel Selanjutnya

Apple Akan Rilis Update Software Untuk Atasi iPhone Lemot


(prm)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading