7 Pekerjaan Bergaji Sangat Rendah di Amerika Serikat

Lifestyle - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
08 January 2018 13:29
Tujuh pekerjaan ini memberi gaji di bawah rata-rata gaji di Amerika Serikat (AS) senilai US$7.500 per bulan.
Jakarta, CNBC Indonesia - Tidak semua pekerjaan dan gajinya diciptakan setimpal. Beberapa pekerjaan terlihat begitu menarik dan juga memberikan gaji yang menarik. Namun, tak sedikit pula yang menawarkan gaji yang lebih rendah yang mungkin mengejutkan Anda.

Berdasarkan artikel yang dipublikasikan Glassdoor.com dan dilansir dari CNBC, rata-rata pekerja Amerika Serikat (AS) digaji rendah, yaitu hanya sekitar US$7.500 (Rp 100 juta) per bulan atau $90.000 per tahun yang berarti kira-kira 13% lebih rendah dari nilai potensial mereka. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari kondisi pasar pekerjaan, penawaran dan permintaan terhadap pekerja yang tersedia, hingga kecenderungan sebagian pekerja baru untuk tidak menegosiasikan gaji yang lebih tinggi saat memulai pekerjaan baru.

Berikut ini adalah tujuh pekerjaan dengan gaji sangat rendah yang justru sering memiliki tanggung jawab penting.


1. Asisten medis

Asisten medis bekerja langsung di bawah arahan dokter dan perawat dan memiliki tanggung jawab terhadap hal-hal penting termasuk mengurus laporan medis, mempersiapkan pasien untuk pemeriksaan, dan pemberian obat-obatan. Namun, mereka tidak memiliki gaji sebanyak pekerjaannya. Menurut laporan Biro Statistik Tenaga Kerja, rata-rata gaji untuk asisten medis adalah sekitar $32.850 per tahun.

2. Web developer (Pengembang situs)

Jika Anda ingin masuk ke profesi pengembang web, Anda mungkin menemukan banyak peluang di seluruh industri dan bahkan seluruh negeri karena proyek internasional juga berlimpah. Namun, meningkatnya pasokan pengembang web berbakat baik di sekitar Amerika Serikat dan luar negeri telah berdampak pada buruknya gaji yang diberikan. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, rata-rata gaji untuk pengembang web adalah sekitar $72.150 per tahun.

3. Pekerja Sosial

Pekerja sosial biasanya adalah individu-individu yang berdedikasi dan berkualitas yang memberikan pelayanan pendukung penting bagi orang-orang yang membutuhkan. Meskipun merupakan pekerjaan yang bermanfaat dan terpuji, rata-rata pekerja sosial tidak menghasilkan gaji yang tinggi. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, rata-rata gaji untuk pekerja sosial adalah sekitar $59.410 per tahun.

4. Perawat praktek berlisensi

Perawat adalah profesi sangat penting yang memegang beragam tugas terkait pengaturan kesehatan dan merupakan petugas penting yang melayani kebutuhan pasien. Namun, gaji mereka jauh lebih rendah dari kolega merek, seperti dokter atau perawat terdaftar. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, rata-rata gaji untuk perawat berlisensi adalah sekitar $44.840 per tahun.

5. Petugas farmasi

Ketika Anda membeli obat resep di apotek setempat, Anda pasti suka menemui petugas farmasi di baris depan. Para petugas ini mencampur, mengukur, menghitung, dan memberi label obat-obatan sekaligus berinteraksi langsung dengan pelanggan. Namun, petugas farmasi tidak menerima gaji sebanyak apoteker yang mereka dampingi.  Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, rata-rata gaji untuk teknisi farmasi adalah sekitar $32.170 per tahun.

6. Petugas veteriner

Bila hewan peliharaan Anda memerlukan pemeriksaan atau tidak enak badan, Anda dapat mengandalkan petugas veteriner untuk membantu Anda saat pertama kali tiba di kantor dokter hewan. Mereka bertanggung jawab atas sejumlah hal yang membantu praktek dokter hewan agar berjalan dengan lancar, termasuk melakukan tes kesehatan, menyiapkan serum dan vaksin, mengambil dan menyiapkan sampel, dan merawat grafik dan peralatan medis. Pekerjaan petugas veteriner tidak memungkinkan mereka cepat kaya; rata-rata gaji untuk petugas veteriner menurut Biro Statistik Tenaga Kerja adalah sekitar $33.870 per tahun.

7. Petugas medis darurat

Sedikit yang bisa membantah tentang pentingnya seorang pekerja medis darurat. Ketika terjadi kecelakaan atau keadaan darurat medis, mereka sering menjadi yang pertama menolong di tempat kejadian, memeriksa luka-luka, memberikan bantuan, dan mengangkut orang-orang ke rumah sakit dan fasilitas medis.

Meskipun sangat penting dalam menyelamatkan nyawa, mereka tidak diberi gaji besar. Menurut Biro Statistik Tenaga Kerja, rata-rata gaji untuk petugas medis darurat adalah sekitar $36.110 per tahun.

Seperti yang Anda lihat, tidak semua pekerja diberi imbalan seimbang. Tujuh pekerjaan tersebut mungkin menawarkan pemenuhan dan kepuasan profesional, berdasarkan pada tujuan pekerjaan seseorang, tapi mungkin tidak akan membuat Anda menjadi kaya. Jika Anda mencari pekerjaan baru dan gaji merupakan faktor besar bagi Anda, gunakan informasi ini untuk membantu membimbing Anda - dan menjauh - dari posisi-posisi tertentu.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading