Respon Pasar Positif, Ajaib Kripto Tuai Prestasi

Investment - Khoirul Anam, CNBC Indonesia
08 November 2022 10:00
Ajaib Kripto Foto: dok Ajaib Kripto

Jakarta, CNBC Indonesia - Dunia kripto sejatinya telah hadir cukup lama yakni di sekitar tahun 2013. Namun pamornya mulai merangkak naik pada tahun 2017. Kemudian pada tahun 2020, saat pandemi Covid-19 merebak, pamor kripto makin meningkat dan banyak orang semakin tertarik untuk lebih mengetahui tentang kripto. Di Indonesia, perkembangan perdagangan aset kripto cukup menarik dalam dua tahun ini.

Dari 383 koin digital (token) yang terdaftar di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappetbti), 10 merupakan produk lokal. Selain itu, pertumbuhan nilai transaksi dan jumlah pelanggan aset kripto di Indonesia sangat luar biasa.

Pada 2021, total nilai transaksi aset kripto mencapai Rp 859,4 triliun atau tumbuh 1.224% dibandingkan nilai transaksi pada 2020 sebesar Rp 64,9 triliun. Sedangkan dari periode Januari hingga September 2022, tercatat Rp 266,9 triliun atau turun 57,8% dibandingkan periode yang sama pada 2021.

Adapun jumlah pelanggan terdaftar hingga September 2022 mencapai 16,3 juta pelanggan dengan rata-rata peningkatan jumlah pelanggan terdaftar sekitar 692 ribu setiap bulannya. Bahkan pada Februari lalu, jumlah investor kripto sempat menjadi yang paling besar dibandingkan dengan aset investasi lainnya seperti saham, reksa dana, dan surat berharga negara (SBN).

Padahal harga aset kripto mengalami penurunan akhir-akhir ini. Namun hal tersebut tidak mengurangi minat masyarakat untuk berinvestasi pada instrumen ini. Menurut Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag), Jerry, fenomena penurunan harga ini juga merupakan hal yang wajar sebagai bagian dari mekanisme pasar di industri aset kripto.

Yang menarik adalah kemunculan Ajaib Kripto sebagai produk terbaru dari Ajaib Investasi. Kehadiran produk ini membuat pengguna Ajaib Investasi memiliki ragam pilihan instrumen dalam satu aplikasi seperti saham, reksa dana hingga aset kripto.

Dengan Ajaib Kripto, investor dapat jual beli aset kripto terpopuler secara mudah dan aman, karena telah mendapatkan izin dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka (Bappebti) melalui tanda daftar 008/BAPPEBTI/CP-AK/04/2022.

Sebagai pembentukan Ajaib Kripto, manajemen memilih ikon NFT global Bored Ape Yacht Club sebagai maskot Ajaib Kripto. Ini merupakan kali pertama NFT menjadi maskot atau Brand Ambassador di Indonesia. Bored Ape yang dimiliki Ajaib Kripto atau PT Kagum Teknologi Indonesia adalah Bored Ape keluaran #2831.

Bored Ape tersebut hadir di seluruh kampanye Ajaib Kripto dan akan turut mengedukasi masyarakat mengenai aset kripto dan juga teknologi blockchain. Koleksi Bored Ape Yacht Club (BAYC), atau yang biasa disebut dengan Bored Ape terdiri dari 10,000 NFT (non-fungible token) ikon kartun kera yang telah menjadi simbol baru di budaya pop global.

Bored Ape dikoleksi oleh selebriti dunia seperti Justin Bieber, Eminem, Serena Williams dan telah berkolaborasi dengan merek ternama Gucci dan Adidas hingga menjadi sampul majalah Rolling Stone. Maskot ini akan hadir di aplikasi hingga media sosial Ajaib Kripto untuk terus mengedukasi masyarakat mengenai aset kripto dan teknologi blockchain di Indonesia.

Adapun yang membedakan Ajaib Kripto dengan platform crypto trading di Indonesia lainnya adalah instrumen kripto yang ditawarkan sudah diawasi oleh Bappebti, sehingga potensi risiko investasi akibat penipuan maupun kejatuhan kripto akibat ulah tidak bertanggung jawab oleh developer bisa diminimalisir.

Selain itu, aset kripto yang diperdagangkan juga dijamin oleh asuransi dari Fireblocks, asuransi yang cukup berkelas di dunia. Pengguna Ajaib dapat langsung menggunakan Ajaib Kripto, di mana mereka hanya cukup log in di Ajaib Kripto dengan e-mail yang sama di aplikasi Ajaib Investasi, sehingga mereka yang telah memiliki akun Ajaib Investasi ingin berinvestasi di kripto tidak perlu melakukan registrasi kembali.

Di lain sisi, seperti halnya di media sosial Instagram Ajaib Investasi, konten-konten yang dihadirkan juga cenderung menarik dan cocok dengan generasi milenial. Konten-konten yang ditampilkan juga sesuai dengan tren kripto yang sedang hangat di pasar. Sehingga tidak heran jika Ajaib Kripto memenangkan penghargaan sebagai Most Trusted Crypto Trading App dari CNBC Indonesia.

Head of PR Ajaib Kripto Iwan Kurniawan dalam sambutannya, mengungkapkan Ajaib Kripto yang baru meluncur beberapa bulan lalu mendapatkan sambutan hangat oleh masyarakat Indonesia. Dia pun percaya Ajaib Kripto akan terus hadir di Indonesia untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, terutama dalam pemanfaatan blockchain.

"Terima kasih kepada tim CNBC Indonesia atas penghargaan yang diberikan Most Trusted Crypto Trading App kepada Ajaib Kripto," ujarnya dalam Road to CNBC Awards, Rabu (2/11/2022).

Ajaib Kripto tercatat di bawah naungan PT Kagum Teknologi Indonesia yang diawasi Bappebti. Sedangkan Ajaib Sekuritas berada di bawah PT Ajaib Sekuritas Asia yang berizin dan diawasi oleh OJK. Seperti diketahui, Aset kripto memang begitu berkembang pesat seiring dengan meningkatnya peminat pada aset tersebut. Terlebih saat ini melakukan proses investasi semakin mudah, terutama dengan adanya aplikasi investasi digital.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Investor Kripto Meningkat, Exchanger Baru Bermunculan


(dpu/dpu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading