Bahaya Resesi Mengintai, Saham & Obligasi Bisa Jadi Agunan

Investment - Advertorial, CNBC Indonesia
25 October 2022 00:00
adv_pegadaian

Jakarta, CNBC IndonesiaEkonom dan pemerintah Indonesia meminta para investor dan pebisnis bersiap menghadapi kondisi yang penuh ketidakpastian, termasuk ancaman resesi ekonomi, pada tahun depan. Gejolak pasar keuangan bahkan mulai terjadi sejak semester II-2022.

Di masa ketidakpastian tersebut, kebutuhan likuiditas menjadi sangat penting, terutama untuk pemenuhan kebutuhan hidup, membantu keluarga atau kerabat menangkap peluang bisnis, bahkan untuk memanfaatkan momentum yang ada.

"Bagi masyarakat yang memiliki surat berharga berupa saham atau obligasi, aset tersebut bisa dijadikan agunan untuk pemenuhan likuiditas dengan memanfaatkan produk Gadai Efek atau lebih dikenal sebagai Gadai Saham yang merupakan fitur layanan baru milik PT Pegadaian," ujar Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan.

Fasilitas Gadai Efek merupakan pemberian kredit kepada nasabah dalam jangka waktu tertentu dengan jaminan kepemilikan saham dan atau obligasi tanpa warkat (scriptless) yang tercatat dan diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI). Melalui fasilitas Gadai Efek, masyarakat yang memerlukan likuiditas dapat memperoleh fasilitas kredit untuk memanfaatkan momentum bullish di pasar keuangan.

Gadai Efek juga dapat dilakukan sebagai salah satu upaya re-investasi pada portofolio investasi yang lain pada perputaran modal untuk intensifikasi, ekstensifikasi, maupun diversifikasi usaha. Selain itu, nasabah juga dapat menggunakan fasilitas Gadai Efek untuk kebutuhan produktif dan konsumtif, seperti pembelian kendaraan operasional, sewa gudang, hingga pembayaran utang jangka pendek.

"Agar dapat menikmati fasilitas Gadai Efek, nasabah hanya perlu mengagunkan portofolio berupa saham dan obligasi. Saham yang dapat menjadi agunan adalah saham yang masuk dalam daftar Indeks IDX80 atau saham yang memiliki rasio haircut KPEI ≤ 30% dengan maksimal pembiayaan (Loan to Value) sebesar 45-58,5%," terang Damar.

Selain saham, lanjut dia, nasabah juga dapat mengagunkan portofolio obligasi pemerintah, termasuk ORI dan SUN tanpa minimum jatuh tempo. Maksimal pembiayaan dengan agunan obligasi dapat mencapai 80-90%.

"Mengutip data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) jumlah investor pasar modal di Indonesia telah mencapai 9,77 juta pada September 2022 atau naik 30,55% dibanding posisi yang sama di tahun 2021. Sebagian besar di antaranya adalah investor milenial yang produktif," tuturnya.

Dirinya menegaskan, dengan mempertimbangkan data tersebut, PT Pegadaian meluncurkan layanan Gadai Efek. "Kami berharap dapat membantu nasabah Pegadaian, khususnya yang telah aktif menjadi investor di BEI, dalam memenuhi likuiditas jangka pendeknya," ujar Damar.

Nasabah Pegadaian yang memanfaatkan fasilitas Gadai Efek tersebut dapat memperoleh berbagai kemudahan sebagai berikut.

  1. Portofolio tidak berpindah kepemilikan sehingga nasabah masih memiliki hak atas corporate action emiten;
  2. Pelunasan dapat dilakukan sebelum 90 hari;
  3. Nasabah dapat melakukan penjualan agunan untuk melunasi pinjaman;
  4. Pinjaman dapat di roll-over selama efek keuangan sesuai kriteria; dan
  5. Nasabah dapat melakukan top-up selama plafon ada (Saat ini Pegadaian dapat memberikan plafon pinjaman sampai Rp 5 miliar untuk individu dan Rp20 miliar untuk korporasi).

"Keunggulan Gadai Efek adalah dapat menerima dananya melalui rekening atau RDN (Rekening Dana Nasabah). Mitra sekuritas Pegadaian, dalam layanan Gadai Efek, hanya berfungsi sebagai kustodian yang menyimpan efek pasar keuangan." Tegas Damar.

Bagi masyarakat yang berniat memanfaatkan layanan Gadai Efek dapat melakukan pengajuan melalui beberapa channel, seperti Outlet Gadai Efek di Kantor Pusat, Aplikasi Pegadaian Digital yang ada dalam smartphone, atau WhatsApp Bisnis Gadai Efek Pegadaian di nomor 0819-4500-8000.

Persyaratan pengajuan maupun skema transaksinya simple dan efisien sehingga nasabah dapat langsung memanfaatkan kesempatan untuk menambah portofolio keuangan atau pun juga memenuhi kebutuhan.

Di masa promo, nasabah Pegadaian dapat menikmati program promosi Gadai Efek seperti bebas biaya administrasi, bebas biaya mutasi efek, dan promo menarik lainnya.

Gadai Efek Pegadaian, "Kebutuhan Dana Terpenuhi, Aset Tetap Dimiliki"


(adv/adv)
Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading