Emas Antam Seri Idul Fitri, Cocok Buat Investasi di Ramadan

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
05 April 2022 13:05
Ilustrasi Emas Antam. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Di bulan Ramadhan ini PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) merilis produk terbarunya yakni emas batangan edisi Idul Fitri. Emas dengan berat 7 gram berisi ucapan Selamat Idul Fitri yang tentunya bisa menjadi hadiah yang menarik untuk keluarga tercinta.

Pada Senin (4/4/2022), emas tersebut dibanderol dengan harga Rp 7.625.000/batang. Harga jual tersebut belum termasuk pajak 0,9% bagi pembelian tanpa menggunakan Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), dan 0,45% dengan NPWP.


xauFoto: logammulia.com

Selain sebagai hadiah, emas ini tentunya bisa dijadikan sebagai aset investasi. Berbeda dengan Hari Raya Imlek di China atau Diwali di India yang bisa mengerek naik harga emas, Hari Raya Idul Fitri tidak memberikan dampak terhadap logam mulia ini. Tetapi bukan berarti harganya tidak akan naik ke depannya. 

Harga emas batangan Antam sendiri setiap harinya mengalami kenaikan/penurunan yang biasanya mengikuti pergerakan emas dunia.

Jika harga emas dunia naik, harga emas Antam juga akan ikut naik meski persentasenya akan berbeda sebab dipengaruhi juga dengan nilai tukar rupiah serta supply - demand.
Harga emas dunia sendiri belakangan ini sedang berkonsolidasi setelah sebelumnya bergerak bak roller coaster.

Pada 8 Maret lalu harga emas dengan mencapai level US$ 2.069/troy ons. Level tersebut sedikit lagi mencapai rekor tertinggi sepanjang di kisaran US$ 2.072/troy ons yang dicapai pada 7 Agustus 2020 lalu

Namun, dalam sepekan saja emas kemudian ambrol hingga ke bawah US$ 1.900/troy ons. Sejak saat itu emas berkonsolidasi alias naik turun di dekat level tersebut.

Analis dari RJO Futures Frank Cholly mengatakan melihat pergerakannya di kuartal II-2022 bisa mencapai lagi level US$ 2.000/troy ons, sebab sebelum menguat emas dikatakan berkonsolidasi terlebih dahulu.

"Emas memiliki kecenderungan melakukan banyak konsolidasi sebelum kembali melesat naik. Kita melihat reli yang bagus di Februari sampai pertengahan Maret. Sekarang emas sedikit mengalami koreksi," kata Cholly sebagaimana dilansir Kitco, Jumat (1/4/2022).

Menurutnya pasar melihat bottom emas saat ini berada di level tertinggi pertengahan November tahun lalu di kisaran US$ 1.876/troy ons. Kemudian banyak bergerak di kisaran US$ 1.900 - US$ 1.925/troy ons, emas diperkirakan akan berkonsolidasi di kisaran dasar hingga ke level tersebut sebelum kembali melesat.

"Jika kita melihat emas mampu menembus US$ 1.950 - US$ 1.975/troy ons dengan bagus, maka kita bisa melihat emas dengan mudah menembus US$ 2.000/troy ons di kuartal II-2022," tambahnya.

Jika prediksi tersebut jitu, harga emas batangan Antam tentunya juga akan terkerek cukup signifikan, termasuk juga emas seri Idul Fitri.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Ada Inflow 13 Ton ke Pasar ETF, Apa Efeknya Bagi Emas Antam?


(pap/pap)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading