Investasi Makin Mudah Pakai BRIGHTS Persembahan BRI Group

Investment - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
05 March 2022 17:45
BRI (Dok: BRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - BRI Group kembali menambah layanan dan produk untuk memenuhi kebutuhan nasabah terutama di bidang pasar modal. Kali ini, produk yang dipersembahkan BRI Group melalui PT BRI Danareksa Sekuritas (BRIDS) adalah aplikasi online trading bernama BRIGHTS. 

BRIGHTS adalah aplikasi yang memungkinkan nasabah BRIDS untuk bertransaksi saham, reksa dana, dan obligasi sekaligus melalui satu akun, satu bank pembayaran, dan satu sistem pelaporan. Aplikasi ini mempermudah nasabah jika ingin berinvestasi di berbagai produk yang tersedia tanpa harus repot membuka rekening-rekening berbeda. 

Direktur Bisnis Konsumer BRI Handayani menyebut BRIGHTS adalah solusi terintegrasi bagi investor serta memiliki fitur terlengkap untuk memudahkan berinvestasi. Dia bilang hadirnya BRIGHTS merupakan wujud konkret upaya transformasi digital BRIVolution 2.0 yang dijalankan BRI Group. 


"Dengan aplikasi BRIGHTS mampu menjadi aplikasi trading yang terbaik, yang memberikan nilai tambah bagi masyarakat dalam bertransaksi. Sehingga mendorong terwujudnya aspirasi BRI Danareksa Sekuritas yaitu menjadi The Most Valuable Securities House in Indonesia," kata Handayani dalam keterangan tertulis, dikutip Sabtu (5/3/2022).

Aplikasi BRIGHTS diperkenalkan BRI Group di tengah meningkatnya minat masyarakat berinvestasi di pasar modal. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat pertumbuhan jumlah investor mencapai 92,99% year on year (YoY) dari 3,88 juta pada akhir 2020 menjadi 7,48 juta pada akhir 2021. 

Pertumbuhan jumlah investor itu berbanding lurus dengan penghimpunan dana di pasar modal yang melesat 206% YoY. Menurut Handayani, pandemi Covid-19 memantik masyarakat untuk menyadari pentingnya investasi. Perubahan perilaku ini menjadikan instrumen investasi yang dipilih oleh investor semakin beragam.

"Dari riset yang dilakukan Google ada perubahan pencarian pada bidang keuangan yang dilakukan masyarakat Indonesia. Semakin banyak masyarakat yang meningkatkan pengetahuannya di bidang keuangan untuk mempersiapkan masa depan. Terdapat pula fakta deposito bukan lagi satu-satunya produk investasi yang dipilih masyarakat. Berdasarkan IDX Channel dan riset Google saham, reksadana ada di top 3 investasi saat ini," katanya. 

Upaya BRI Group dalam mendigitalisasi berbagai layanan keuangannya melalui aplikasi BRIGHTS selaras dengan Presidensi G20 Indonesia 2022 yang mendorong financial inclusion serta digital transformation.  

Sementara Direktur Utama BRI Danareksa Sekuritas Friderica Widyasari menjelaskan, BRIGHTS adalah aplikasi yang tidak hanya lengkap secara fitur, namun juga terdepan dalam memberi kenyamanan. Dia memastikan BRIGHTS akan mengutamakan aspek user friendly untuk memudahkan investor berselancar di pasar modal. 

"BRIGHTS memberikan fitur-fitur canggih yang akan membantu memudahkan melakukan investasi di pasar modal Indonesia. Juga kemudian fitur-fitur untuk informasi-informasi dan lain-lain yang sangat bermanfaat bagi investor dalam menentukan keputusan investasi mereka," kata Frederica. 

Momentum peningkatan kesadaran berinvestasi masyarakat Indonesia ini un diimbangi dengan upaya BRIDS untuk terus memberikan edukasi keuangan. Upaya pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan kecakapan investor dalam negeri. 

"Salah satunya melalui BRIGHTS kami juga ingin memberikan lebih banyak edukasi kepada masyarakat yang baru bergabung menjadi investor di pasar modal Indonesia, membekali dengan informasi, kecakapan dalam bertransaksi menjadi investor baru yang mempunyai skill, knowledge yang cukup dan cakap untuk menjadi investor-investor sukses di Indonesia. Kami BRI Danareksa Sekuritas akan mendampingi untuk menjadi investor-investor handal di Indonesia," ujarnya.

Nilai Tambah Dalam Berinvestasi

Peluncuran aplikasi BRIGHTS oleh BRI Group menuai tanggapan positif dari Direktur Utama Bursa Efek Indonesia Inarno Djajadi. Menurutnya, kemudahan akses ke pasar modal menjadi pemicu agar semakin banyak masyarakat tidak ragu lagi untuk berinvestasi di pasar modal. 

Aplikasi BRIGHTS juga telah mengimplementasikan protokol FIX 5.0 BEI yang akan lebih mempercepat transaksi atau sampainya order dari sekuritas ke sistem BEI hanya dalam hitungan milisecond

"Hal ini tentu menjadi nilai tambah bagi para nasabah. Sebagaimana yang kita ketahui penggunaan teknologi digital terlebih lagi dalam kondisi pandemi saat ini menjadi semakin vital dalam setiap kegiatan kita termasuk dalam hal investasi," kata Inarno. 

Dia menambahkan bahwa layanan daring yang mudah, lengkap dan aman menjadi suatu kebutuhan penting bagi para investor. Sekaligus menjadi daya tarik bagi para investor terutama generasi milenial. Pasalnya, OJK dalam laporannya menyebut milenial menyumbang sebanyak 80% dari total investor di pasar modal Indonesia. 

"Kehadiran aplikasi online trading dan penerapan teknologi digital dalam transaksi efek juga menjadi salah satu faktor yang mendorong pertumbuhan investor di Indonesia selama masa pandemi ini," ucap Inarno.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

INVESTIME: 'Jurus' Jitu Dapat Cuan dari Jam Tangan Mewah


(bul/bul)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading