Simak! Ini Tahapan Monetisasi Persediaan Properti BUMN

Investment - Advertorial, CNBC Indonesia
07 February 2022 00:00
adv danareksa

Jakarta, CNBC Indonesia - Sektor properti menjadi salah satu sektor yang berhasil kembali bangkit setelah dihantam pandemi Covid-19. Dengan capaian yang gemilang ini, pemerintah melalui BUMN mencoba untuk menjadikan sektor properti menjadi monetisasi demi akselerasi kinerja terkait pemulihan ekonomi yang lebih baik lagi.

Nantinya, terdapat enam BUMN sektor konstruksi yang akan meluncurkan Program Monetisasi Persediaan Properti melalui Penawaran Umum (Program Penjualan). Selain itu, ada pula PT Danareksa (Persero) yang akan bertindak selaku Konsultan Utama dalam Program Penjualan, dengan menawarkan kesempatan ke calon pembeli untuk berinvestasi langsung pada persediaan properti yang dimiliki, dikendalikan, dan dikelola oleh BUMN Konstruksi.

Adapun persediaan properti yang ditawarkan dalam Program Penjualan ini yakni berupa landbank, apartemen, rumah tapak, komersial ritel dan properti lainnya yang tersebar di seluruh Indonesia, terutama di Pulau Jawa yang terdiri dari 87 properti yang sebagian diantaranya dikelompokkan dalam beberapa paket.


Calon Pembeli yang berminat dalam Program Penjualan, nantinya akan mengikuti 4 tahapan. Pertama, tahap Administrasi dan Registrasi yang berlangsung pada 3 Februari 2022 hingga 24 Maret 2022. Pada tahap ini, Calon Pembeli harus, melakukan pendaftaran dengan membuat akun profil melalui website https://projectmandala.danareksa.com, dan kemudian menyampaikan Dokumen Persyaratan Pendaftaran seperti Identitas Diri (KTP/KITAS/Passport) dan Company Business Card. Setelah melakukan pendaftaran, Calon Pembeli akan menerima dokumen berupa Brief Teaser dan Term of Reference.

Kedua, Tahap Penyampaian Surat Minat Calon Pembeli berlangsung pada 3 Februari 2022 hingga 24 Maret 2022. Pada tahap ini, kegiatan utama bagi Calon Pembeli berupa penyampaian dokumen Surat Minat dan kelengkapan dokumen pendukung. Apabila telah menyampaikan Surat Minat, Calon Pembeli akan didistribusikan dokumen berupa Full Teaser dan Transaction Protocols.

Ketiga, Kegiatan Uji Tuntas akan pada 3 Februari 2022 hingga 31 Maret 2022. Tahapan ini memberikan kesempatan kepada Calon Pembeli yang telah menyampaikan Surat Minat untuk melaksanakan kegiatan Uji Tuntas secara daring (Online Due Diligence), presentasi manajemen, dan site visit (apabila diperlukan).

Keempat, Tahap Penawaran, Evaluasi dan Transaksi akan berlangsung pada 24 Maret 2022 hingga 4 Mei 2022. Dalam tahapan ini, terdapat penyampaian dokumen penawaran, evaluasi dokumen penawaran, pemberitahuan pembeli terpilih/pemenang program penjualan kepada Calon Pembeli, dan penandatanganan Perjanjian Bersyarat Jual Beli (Conditional Sales and Purchase Agreement) atas persediaan properti sesuai dengan terms and condition yang disepakati.

Adapun beberapa informasi juga harus diperhatikan oleh Calon Pembeli, seperti harga indikatif untuk setiap persediaan properti akan disajikan dalam Full Teaser yang dapat diperoleh setelah penyampaian Surat Minat oleh Calon Pembeli.

Selain tahapan-tahapan di atas, akan ada pula kegiatan investor gathering yang diselenggarakan oleh Danareksa pada Kamis, 10 Februari 2022, jam 09.00 WIB - 12.00 WIB di Financial Club, Graha CIMB Niaga Lantai 2.

Calon pembeli yang hendak mengikuti investor gathering dipersilahkan untuk melakukan konfirmasi kehadirannya melalui email [email protected]¬†maksimal pada 8 Februari 2022 Pukul 16.00 WIB. Hal ini untuk membatasi kontak erat dan menjaga kepatuhan terhadap ketentuan Pemerintah selama masa pandemi Covid-19. Peserta juga diharapkan untuk membawa bukti tes antigen dengan hasil negatif maksimal H-1 untuk menghadiri Investor Gathering.

Artikel Selanjutnya

Asuransi Sinar Mas Luncurkan SIMAS COVID-19 dan Gamipro


(adv/adv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading