Bikin Akun Sekuritas & RDN Cuma 10 Menit, Ini Caranya!

Investment - Lalu Rahadian, CNBC Indonesia
13 January 2022 11:10
Ilustrasi IHSG (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Bagi anda yang tertarik berinvestasi saham, sebelum memulainya diharuskan untuk membuka rekening saham dan rekening dana nasabah terlebih dahulu. Namun, masih ada anggapan membuka rekening efek dan rekening dana nasabah itu sulit, bertele-tele dan membutuhkan waktu berhari-hari.

Meski demikian, ada tips jitu agar calon investor pasar modal bisa membuka rekening efek dan RDN secara cepat dan mudah. Sebelum membuat rekening efek dan RDN, perlu dipahami lebih dulu pengertian dari keduanya.

Rekening saham atau dikenal sebagai sub rekening efek adalah jenis rekening yang dibutuhkan bagi investor untuk bisa melakukan kegiatan jual-beli saham. Rekening saham dikelola oleh perusahaan sekuritas atau broker dan dicatatkan di Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI).


Sementara itu rekening dana nasabah atau rekening dana investor, merupakan rekening khusus yang digunakan untuk pembayaran dan penerimaan hasil penjualan saham ataupun efek lainnya. RDN dikelola oleh bank sehingga terpisah dari rekening saham yang dikelola oleh broker.

Lalu bagaimana cara membuat rekening saham dan RDN secara cepat dan mudah?

Pertama, pilih sekuritas yang telah menerapkan pendaftaran 100% online seperti PT Mahakarya Artha Sekuritas atau yang dikenal sebagai Stockbit. Kemudian, calon investor juga harus memilih RDN yang telah bekerja sama dengan broker dan menerapkan pendaftaran yang full digital seperti Bank Jago.

Registrasi rekening saham Stockbit dan RDN di Bank Jago hanya membutuhkan waktu kurang dari 10 menit, bisa dilakukan di masa saja dan kapan saja melalui smartphone. Caranya, pertama calon investor harus menyiapkan dokumen pendukung seperti KTP dan NPWP. Setelah itu, calon investor melakukan proses registrasi rekening saham melalui aplikasi Stockbit

Registrasi rekening saham yang terbilang cepat ini, kemudian dilanjutkan dengan registrasi pembukaan RDN Bank Jago. Prosesnya seamless sehingga calon investor tidak perlu bergonta ganti aplikasi di smartphone untuk pendaftaran ini.

Calon investor cukup memasukkan sejumlah data pribadi, foto KTP, dan diakhiri dengan video call sebagai syarat know your customer (KYC) dari bank. Setelah proses ini selesai calon investor hanya perlu menunggu hasil verifikasi oleh pihak sekuritas, Bank Jago selaku penyedia RDN, dan KSEI. Prosesnya maksimal 1 x 24 jam. Namun ketika dicoba proses ini selesai hanya dalam hitungan jam.

Selama membuka rekening saham dan RDN Bank Jago, calon investor tak perlu menyetor atau mentransfer uang. Seluruh proses ini bisa dilakukan secara gratis.

Setelah verifikasi selesai, calon investor akan diberikan notifikasi oleh aplikasi dan diminta untuk menyetor dana dalam rangka pembelian saham. Tidak ada batas minimal dalam penyetoran dana pertama kali. Namun perlu diperhitungkan bahwa dana yang disetor cukup untuk membeli minimal 1 lot (100 lembar) saham yang kita inginkan.

Bila saham tersebut sudah mencatatkan untung maka bisa dijual dan dananya bisa dipindahkan dari RDN Bank Jago ke rekening tabungan di Bank Jago. Caranya dengan melakukan withdrawal melakukan aplikasi Stockbit.

Cukup mudah kan! Tertarik untuk berinvestasi saham?


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading