Harga Emas Antam Naik Rp 7.000 dalam Seminggu, Lumayan Lah...

Investment - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
18 December 2021 10:30
Pegawai merapikan emas batangan di Galeri 24 Pegadaian, Jakarta, Kamis (22/4/2021). Harga emas batangan yang dijual Pegadaian mengalami penurunan nyaris di semua jenis dan ukuran /satuan.  (CNBC Indonesia/Tri Susilo)

Harga emas Antam mengikuti tren harga emas dunia. Di pasar spot, harga emas naik 0,85%.

Kenaikan harga emas dunia dipicu oleh depresiasi nilai tukar mata uang dolar Amerika Serikat (AS). Dalam sepekan terakhir, Dollar Index (yang mengukur posisi greenback di hadapan enam mata uang utama dunia) terkoreksi 0,24% secara point-to-point.


Harga emas dan kurs dolar AS memiliki hubungan yang berbanding terbalik. Saat dolar AS melemah, maka harga emas berpeluang naik.

Ini karena emas adalah aset yang dibanderol dalam dolar AS. Depresiasi mata uang Negeri Adikuasa membuat emas menjadi lebih murah bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas naik, harga pun terungkit.

Pengumuman bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed) yang menaikkan 'dosis' pengurangan pembelian aset tidak mampu mendongkrak dolar AS. Pekan ini, The Fed mengumumkan pembelian surat berharga dikurangi US$ 30 miliar per bulan mulai Januari 2022. Lebih banyak ketimbang pengurangan yang dilakukan sejak bulan lalu yakni US$ 15 miliar per bulan.

Semestinya pengurangan pembelian aset atau tapering off yang lebih banyak menjadi sentimen positif bagi dolar AS. Likuiditas mata uang ini akan berkurang, sehingga harganya semakin mahal.

Namun sepertinya investor sudah menduga sebelumnya bahwa The Fed bakal menaikkan besaran tapering. Jadi tidak ada kejutan dari The Fed, masih sesuai ekspektasi.

"Pasar emas sudah mencerna dampak percepatan tapering," tegas Suki Cooper, Analis Standard Chartered, seperti dikutip dari Reuters.

Akibatnya, nilaitukar dolar AS kurang tenaga untuk perkasa. Peluang ini mampu dimanfaatkan emas untuk mencetak kenaikan harga, yang kemudian menular ke harga Logam Mulia Antam.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
HALAMAN :
1 2
Artikel Selanjutnya

Harga Emas Antam Hari Ini Ogah Gerak, Terendah 5 Bulan!

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading