Pahami Pre-Admission Agar Dapat Kepastian Manfaat Kesehatan

Investment - Teti Purwanti, CNBC Indonesia
22 November 2021 09:37
ilustrasi asuransi

Jakarta, CNBC Indonesia - Semenjak pandemi Covid-19, semakin banyak orang yang sadar mengenai pentingnya memiliki asuransi jiwa dengan manfaat perlindungan kesehatan. Meski demikian, masih banyak yang belum memahami bagaimana cara kerja asuransi, dan apa saja manfaatnya. Akibatnya banyak orang yang salah kaprah dan membeli produk yang tidak sesuai kebutuhannya. Bahkan ada juga yang tidak memahami manfaat produk dan polis asuransinya.

Pertama, kita perlu mengerti bahwa asuransi jiwa berfungsi memberikan perlindungan dan jaminan pada saat-saat yang tidak menguntungkan. Ketika tidak ada asuransi maka tidak ada "sandaran" ketika kita sakit, mengalami kecelakaan atau ada anggota keluarga yang meninggal dunia. Asuransi jiwa memberikan manfaat sejumlah uang pertanggungan/santunan asuransi kepada penerima manfaat/ keluarga/ ahli waris dari tertanggung/peserta asuransi, apabila tertanggung/peserta asuransi meninggal dunia akibat masalah kesehatan, penyakit atau kecelakaan, dan jika terjadi risiko kesehatan terhadap diri tertanggung/peserta selama memenuhi ketentuan polis.

Saat ini, sudah banyak jenis asuransi yang dapat dipilih masyarakat bahkan ada yang bisa memberikan dua manfaat sekaligus yaitu proteksi dan manfaat potensi hasil investasi atau biasa disebut sebagai Asuransi Jiwa Unit Link. Sayangnya, banyak yang tidak mengerti mengenai risiko, hak, dan kewajiban sebagai tertanggung/peserta asuransi.


Agar produk asuransi jiwa yang akan kita miliki sesuai kebutuhan dan kemampuan kita, nasabah benar-benar perlu memahami lebih dulu asuransi yang dibelinya. Penting diingat bahwa manfaat perlindungan yang diberikan mengikuti syarat dan ketentuan yang berlaku dalam polisnya dan bukannya tidak terbatas.

Untuk itu, ada baiknya nasabah juga mengetahui tentang Pre-admission atau Pra-pendaftaran pada Manfaat Kesehatan. Dengan pre-admission, nasabah sudah bisa mendapatkan kepastian penjaminan awal sementara untuk tindakan bedah atau operasi sebelum tindakan dilakukan termasuk ODC (One Day Care).

Sebagai contoh, di perusahaan asuransi jiwa Prudential Indonesia, ketika nasabah menggunakan pre-admission, untuk kelancaran, disarankan pengajuan pre-admission dilakukan selambatnya 5 hari sebelum rencana tindakan, untuk memastikan kecukupan waktu jika ada kelengkapan data yang diperlukan melalui PRUMedical Network. Nasabah dapat mengajukan pre-admission melalui Rumah Sakit rekanan PRUMedical Network di mana rencana tindakan tersebut akan dilakukan.

Selain manfaat produk, nasabah juga harus mengerti tata cara klaim yang benar agar klaim berjalan lancar antara lain, pastikan polis aktif, klaim termasuk manfaat yang dilindungi dalam polis, tidak terjadi pelanggaran hukum, menyampaikan riwayat kesehatan secara jujur, lengkap dan tepat ketika pembukaan polis/mengajukan peningkatan manfaat, dokumen pengajuan klaim lengkap, klaim tidak terjadi dalam masa tunggu, dan klaim bukan termasuk pengecualian polis.

Nasabah juga harus memahami tipe klaim yang ada, yakni cashless (non-tunai) atau reimburse (penggantian). Klaim cashless merupakan cara pengajuan klaim, di mana nasabah hanya perlu mengeluarkan biaya atas tagihan yang tidak dijamin oleh polis. Pemegang polis hanya perlu menunjukan kartu kepersetaan asuransi kesehatan dan selanjutnya rumah sakit akan melakukan verifikasi dan pendaftaran penjaminan ke asuransi.

Sedangkan, pada klaim reimburse, nasabah harus membayar terlebih dahulu, baru nantinya diganti oleh perusahaan asuransi. Perlu diingat, asuransi, baik jiwa maupun kesehatan menjadi komponen penting dalam perlindungan keluarga. Namun nasabah bertanggung jawab memahami produk, manfaat, hingga risiko sebelum membeli sebuah produk asuransi agar sesuai kemampuan dan kebutuhan.

Jika ada yang ingin ditanyakan terkait proses pre-admission pada manfaat kesehatan, Nasabah Prudential Indonesia dapat langsung menghubungi Call Center PRUMedical Network di 1500085 tekan 1 (Bahasa Indonesia) tekan 0 (PMN line) lalu tekan 1 untuk Nasabah.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading