Harga Emas Antam Turun Goceng, Gimana Bisa Cetiaw Nih...

Investment - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
06 October 2021 09:19
Emas Antam

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas Logam Mulia milik PT Aneka Tambang (Persero) Tbk (ANTM) turun hari ini. Harga Logam Mulia kian jauh dari Rp 1 juta.

Pada Rabu (6/10/2021), harga Logam Mulia tercatat Rp 917.000/gram. Turun Rp 5.000 dibandingkan hari sebelumnya.

Sementara harga pembelian kembali (buyback) berada d Rp 805.000/gram. Juga turun Rp 5.000.


Harga Logam Mulia Antam mengikuti harga emas dunia. Pada pukul 09:08 WIB, harga emas dunia di pasar spot tercatat US$ 1.756,44. Turun 0,2%.

Ke depan, risiko koreksi harga emas masih tinggi. Ini karena ada kemungkinan nilai tukar mata uang dolar Amerika Serikat (AS) menguat.

Pada Jumat malam waktu Indonesia, US Bureau of Labor Statistics akan merilis data ketenagakerjaan Negeri Paman Sam periode September 2021. Konsensus yang dihimpun Reuters memperkirakan perekonomian AS menciptakan 488.000 lapangan kerja non-pertanian (non-farm payroll). Jauh lebih tinggi ketimbang bulan sebelumnya yang sebanyak 235.000.

Perkembangan di pasar tenaga kerja akan menentukan arah kebijakan moneter bank sentral AS (The Federal Reserve/The Fed). Jika pasar tenaga kerja semakin kuat, maka The Fed diperkirakan mulai mengurangi 'dosis' pembelian aset (quantitative easing) pada November 2021.

Pengurangan quantitative easing akan membuat pasokan dolar AS tidak sederas sekarang. Seperti barang, pasokan yang berkurang akan membuat dolar AS menjadi 'mahal'.

Nah, dolar AS dan harga emas punya hubungan yang berbanding terbalik. Saat dolar AS digdaya, emas bakal merana.

Ini karena emas adalah komoditas yang dibanderol dengan dolar AS. Kala dolar AS menguat, emas jadi lebih mahal bagi investor yang memegang mata uang lain. Permintaan emas turun, harga pun mengikuti.

"Harga emas bisa menuju titik support di US$ 1.750/troy ons pekan ini," ujar Jeffrey Halley, Senior Market Analyst untuk Asia-Pasifik di OANDA, seperti dikutip dari Reuters.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading