Pentingnya Asuransi Untuk Kestabilan Keuangan Saat Pandemi

Investment - Rahajeng KH, CNBC Indonesia
19 August 2021 18:20
intimate gathering Axa

Jakarta, CNBC Indonesia - Presiden Direktur AXA Mandiri Handojo Gunawan mengungkapkan perubahan di tengah masyarakat selama pandemi Covid-19 dan pentingnya perlindungan di tengah ketidakpastian. Pasalnya, kondisi ini menimbulkan kekhawatiran dari sisi ekonomi dan kesehatan, sehingga diperlukan mitigasi risiko bagi setiap individu.

"Yang lebih penting adalah mitigasi risiko jika sampai kena Covid-19 karena perubahan situasi terjadi secara cepat dan penuh ketidakpastian. Kita harus siap dari dua sisi, dari kesehatan dan keuangan, karena biaya perawatan Covid-19 sangat besar," kata Handojo dalam Intimate Gathering, AXA Mandiri "Proteksi Hebat, Keuangan Kuat!" secara virtual, Kamis (19/8/2021).

Apalagi jika nantinya sampai mengalami gejala berat, dan efek samping pasca Covid-19. Dia menegaskan pentingnya mempersiapkan finansial keluarga melalui proteksi asuransi. Dengan memiliki asuransi sama dengan transfer risiko ke perusahaan asuransi tersebut, sehingga tidak membuat beban keuangan keluarga.


"Ini harus disiapkan secara finansial juga. Kalau sampai Covid-19 dan memicu penyakit lain timbul, dulunya cuma komorbid tapi karena sempat Covid-19 menjadi lebih parah, sehingga harus ada mitigasi risiko," kata dia.

"Dalam kondisi pandemi seperti sekarang kondisi keuangan untuk kebanyakan orang tidak stabil, income bisa kena efek karena bisnis turun. Ini perlu diantisipasi, karena fungsi dari asuransi sendiri dan bagaimana bisa mengelola aset kita supaya dalam pandemi kita memiliki kestabilan," kata Handojo.

Dalam kesempatan yang sama Direktur AXA Mandiri, Joshua Rudi Nugraha mengatakan kebutuhan akan asuransi menjadi hal penting dana meningkat setiap tahunnya. Industri asuransi mencatat, total klaim tahun lalu meningkat, yang secara total mencapai Rp 151 triliun.

"AXA Mandiri, klaim UP meninggal naik cukup signifikan. Tak masalah karena kami berfungsi menerima risiko, memastikan nasabah bisa mencapai goals kehidupannya," jelasnya.

Dari kondisi ini, bisa disimpulkan bahwa asuransi adalah salah satu hal yang harus diperhatikan di tengah kondisi pandemi. Sehingga saat risiko terjadi, nasabah diharapkan sudah memiliki pondasi yang kuat untuk meminimalisir risiko yang terjadi.


[Gambas:Video CNBC]

(rah/rah)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading