InvesTime

Aroma Cuan, Semester II-2021 Saham 2 Sektor Ini Jadi Sasaran

Investment - The Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
04 June 2021 11:33
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kepala Riset Henan Putihrai Sekuritas, Robertus Yanuar Hardy, merekomendasikan saham dari dua sektor untuk semester dua tahun ini. Menurut Robertus, saham dalam sektor jasa keuangan dan telekomunikasi masih menjadi primadona.

"Kalau diperhatikan ada dua yang bisa dijadikan pilihan. Yang pertama tentu sebagai penopang indeks yang punya bobot paling besar yaitu sektor jasa keuangan, terutama perbankan yang termasuk kategori big five," kata Robertus dalam program Investime CNBC Indonesia pada Kamis (3/6/2021).


Menurutnya saham perbankan besar seperti PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), PT Bank Rakya Indonesia Tbk (BBRI) dan PT Bank Negara Indonesia TBk (BBNI) serta bank lainnya masih layak untuk dijadikan salah satu pilihan investasi.

"(Bank-bank ini) punya ketahanan terhadap restrukturisasi kredit di masa pandemi ini. Menurut kami mereka cukup manageable," paparnya.

"Jadi menurut kamu, ini masih akan bisa menyisakan ruang untuk pertumbuhan di kuartal tiga dan empat lain seiring dengan tidak begitu besarnya rasio pencadangan terhadap kerugian atau penurunan nilai aset kredit karena pandemi."

Sementara sektor kedua adalah telekomunikasi. Saham dari sektor ini direkomendasikan karena pelayanan data dan perkembangangan teknologi masih menjadi primadona di banyak negara.

"Dari sisi telekomunikasi kita baru saja launching 5G, beberapa emiten mungkin sudah melakukan uji coba 5G di beberapa wilayah," ungkapnya.

"Ini masih bisa menjadi salah satu sektor yang bisa diperhatikan. Ada Telkomsel, XL, Indosat dan juga mungkin para penyedia menara dan juga second liner beberapa emiten yang bergerak di bidang fiber optik dan layanan menara telekomunikasi. Ini dua sektor yang masih menjanjikan cuan," pungkasnya.




[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading