BRI Cuap Cuap Cuan Berkah

Jurus Bangun Usaha ala Bank BRI: Skill, Network & Gak Curang!

Investment - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
04 May 2021 09:52
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berkomitmen untuk mendorong pengembangan UMKM di Indonesia (Dok. BRI)

Jakarta, CNBC Indonesia - Masa pandemi Covid-19 memicu banyak perusahaan terpaksa kesulitan arus kas yang memaksa mereka merumahkan bahkan sampai melakukan pemutusan hubungan kerja (PHK). Kondisi ini pula yang juga memicu banyak korban PHK tersebut memilih memulai usahanya sendiri.

Hanya saja untuk membangun usaha tidak bisa sembarangan, perlu beberapa kiat supaya bisnis bisa berlangsung hingga jangka panjang.

Direktur Kepatuhan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) atau Bank BRI, Ahmad Solichin Lutfiyanto, mengatakan tiap usaha harus menerapkan manajemen kepatuhan tata Kelola yang baik. Selain itu juga bisa memahami manajemen risiko dan cara mitigasi yang bisa dilakukan saat menemui rintangan.


"Lalu bicara skill [kemampuan], skil apa yang dibutuhkan? Di era jejaring sosial media kita harus punya network [jaringan] sebanyak-banyaknya. Gimana leverage sosial media kita bangun dengan komunikasi yang baik, sehingga kita bisa banyak melakukan marketing di situ," kata Ahmad dalam BRI Cuap Cuap Cuan Berkah, Senin (3/5/2021).

Dia menjelaskan di tengah kondisi saat ini di mana banyak pengusaha muda berasal dari generasi milenial dan Gen-Z, langkah paling mudah adalah mencari role model pebisnis. Sebab itu, siapa saja yang dinilai baik dalam bidangnya perlu juga untuk mengambil contoh bagi calon pengusaha lainnya.

"Meniru itu adalah cara yang paling cepat dibanding kita berjalan sendiri, kalo menurut saya cari role model-nya, nanti setelah meniru kita sesuaikan dengan usaha kita, tapi kita berangkat dari situ," jelasnya.

"Implementasi di UMKM dari nilai bangsa Indonesia sudah punya nilai baik kekayaan sosial, kita asal mengimplementasikan dengan baik dan konsisten, jujur, banyak pengusaha gagal karena tidak jujur, dia berbuat curang sehingga di tinggal kliennya," tambahnya.

Selain itu di BRI sendiri juga sudah membangun rumah kreatif BUMN untuk UMKM. Ini upaya BRI melakukan pendampingan untuk UMKM bisa bermain tidak hanya di pasar domestik juga ekspor.

Tips Kelola Usaha Yang Benar Dari Direktur Kepatuhan BRI(CNBC Indonesia TV)Foto: Tips Kelola Usaha Yang Benar Dari Direktur Kepatuhan BRI(CNBC Indonesia TV)
Tips Kelola Usaha Yang Benar Dari Direktur Kepatuhan BRI(CNBC Indonesia TV)

"Kuncinya kolaborasi dan pendampingan, selain dari adanya infrastruktur, juga pengembangan SDM," katanya.

Inovasi juga harus dilakukan. Tidak hanya dari sisi teknologi, tapi dari mindset juga harus mengikuti perkembangan zaman.

"Mindset [pola pikir] harus dari gabungan dari bantuan teknologi, lalu perubahan mindset adalah cara kerja dan berfikir itu inovasi kombinasi," jelanya.

Selain itu pelaku usaha juga harus mencari role model untuk diikuti, itu adalah cara tercepat untuk menghindari masalah karena sudah berkaca dari masalah pengusaha lain. Ahmad juga bicara penentuan role model ini penting bagi milenial, karena saat ini menerapkan gaya kepemimpinan yang baru.

"Tidak bisa lagi itu seperti zaman saya, gaya dulu semi colonial, sekarang lead by example pemimpin tidak terus menerus menyuruh harus gini gitu, tapi kita juga berikan contoh untuk mereka, gimana mencetak role model dengan memberi contoh," jelasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading