BRI Cuap Cuap Cuan Berkah

Bos BRI Ventures Buka-bukaan Tips Startup Lokal Go Global

Investment - Tommy Sorongan, CNBC Indonesia
27 April 2021 15:37
BRI Ventures Umumkan Secara Resmi
Investasi Strategisnya Kepada Bukalapak

Jakarta, CNBC Indonesia - Anak usaha modal ventura PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) yakni BRI Ventures menjelaskan bagaimana besarnya penetrasi pasar perusahaan rintisan (startup) dan kriteria yang mesti disiapkan pelaku usaha agar perusahaan rintisannya bisa mendunia alias go global.

Saat ini mulai banyak perusahaan digital platform di Indonesia yang sudah 'bermain' di kancah global, hal ini memacu semangat perkembangan perusahaan startup di Indonesia untuk juga mulai merambah ke mancanegara.

Hanya saja, banyak hambatan yang mungkin akan dihadapi para entrepreneur startup ini, mulai dari masalah jarak sosial seperti perbedaan budaya dan perilaku pembelian hingga akses pendanaan yang diperlukan untuk ekspansi. Akhirnya banyak startup yang mengurungkan potensinya untuk berkembang di luar negeri.


Melihat permasalahan ini, CEO BRI Venture, Nicko Wijaya, menyatakan bahwa investor perlu cepat-cepat memulai usahanya sehingga mereka lebih cepat mempelajari dinamika sosial di negara lain, mempercepat proses pembinaan bisnis, serta lebih cepat juga dalam urusan mengamankan dana.

"Mungkin harus mulai cepat start now karena saat ini saat yang tepat sekali untuk memulai dimana digitalisasi sedang mengalami akselerasi yang tercepat dalam sejarah dan itu tidak hanya di kota besar namun juga di daerah," ujarnya dalam program BRI Cuap-Cuap Cuan Berkah, Senin (26/4/2021).

Lebih lanjut, ia juga menyatakan bahwa BRI Ventures telah melakukan pembinaan go global terhadap delapan perusahaan startup yang mengikuti program ini, di antaranya ada fintech seperti Brick dan Gaji Gesa, lalu di bidang edukasi dan sisanya ada di sektor bioteknologi dan e-commerce. Program ini dinamakan program Sembrani Wira.

Di dalam program yang bersifat inkubasi ini, beberapa instrumen penting dalam pengembangan startup seperti dana dan juga link-link bisnis juga diberikan terhadap perusahaan startup yang merupakan peserta program ini.

Di sisi lain, Nicko juga menambahkan bahwa BRI Ventures juga siap untuk membawa startup-startup yang mengikuti programnya untuk membuat kerja sama dengan lini usaha BRI di masa depan.

"Kami sangat menginginkan para entrepreneur yang telah siap ini untuk bekerja sama komersial dengan BRI group."

Sebelumnya BRI Ventures juga mengumumkan suntikan dana kepada Bukalapak. BRI Ventures bergabung dalam putaran pendanaan terbaru Bukalapak yang dibuka sejak akhir tahun lalu.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading