InvesTime

BCA-BRI Garap Bank Digital, Analis: Ini Persaingan Super Apps

Investment - Anisatul Umah, CNBC Indonesia
26 April 2021 14:25
PT Bank Central Asia Tbk. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten perbankan kakap yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA) dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) tak mau ketinggalan masuk menggarap bank digital lewat anak usahanya. BCA akan ekspansi lewat Bank Digital BCA (eks PT Bank Royal Indonesia), sementara BRI lewat PT Bank Rakyat Indonesia Agroniaga Tbk (AGRO).

Thomas Nugroho, Head of Retail Equity PT RHB Sekuritas Indonesia mengatakan digital banking merupakan masa depan dari bisnis perbankan. Pasalnya masih ada 90 juta penduduk Indonesia yang belum memiliki rekening.

"BCA sendiri di semester 2 2021 akan luncurkan digital bank ini, jadi satu battle yang seru BCA dan BRI dengan market capital edition mereka dan mereka punya digital banking," paparnya dalam InvesTime CNBC Indonesia, Jumat malam, (23/04/2021).


Lebih lanjut dia mengatakan, masuknya kedua bank dengan kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia (BEI) ini akan menjadi pertarungan super apps dan akan menjadi pertarungan yang sangat menarik. Apalagi perbankan ini ke depan akan berkolaborasi dengan ritel di sisi sektor digital dan banking

"Target price [target harga] jika berjalan lancar maka perusahaan perbankan yang punya strong digital penetration akan bisa melebarkan sayap ke sisi lending [kredit]," tuturnya.

Menurut dia bakal ada penambahan operating income (pendapatan operasional) sehari-hari bagi perbankan ini, sehingga akan ada arus dana di bank yang akan semakin besar karena tambahan nasabah baru.

"Saya belum tahu game [persaingan] ini siapa yang menang ini dua bank ini udah gede banget saya yakin keduanya akan makin solid," ungkapnya.

Sebelumnya, Wakil Presiden Direktur BCA Suwignyo Budiman menyatakan, anak usaha perseroan, Bank Digital BCA akan segera meluncur di tahun ini. Dia membeberkan, fokus segmen yang disasar Bank Digital BCA ini terutama dari generasi milenial.

"BCA digital akan launch awal tahun, tujuannya khusus melayani milenial. Banyak milenial kurang puas layanan Mobile BCA sudah bagus, tapi kurang spesifik milenial. Kami sajikan anak perusahaan BCA Digital bisa secara pas melayani kebutuhan nasabah," kata Suwignyo, dalam konferensi pers secara virtual, Rabu (3/2/2021).

Seperti diketahui, bank dengan nilai kapitalisasi pasar terbesar di Bursa Efek Indonesia ini sudah mengambil ancang-ancang sejak 2019 untuk masuk ke bank digital dengan mengakuisisi Bank Royal Indonesia. Bank Royal inilah yang kemudian berganti nama dan menjadi cikal bakal Bank Digital BCA.

Adapun BRI juga mempersiapkan Bank Agroniaga untuk menjadi bank digital. Mereka akan bersaing dengan bank digital lainnya yang sudah masuk yakni PT Bank Jago Tbk (AGRO), PT Bank Neo Commerce Tbk (BBYB), PT Bank Harda International Tbk (BBHI), dan lainnya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading