BNI Investime Week

Ini Bocoran Tips Sehat Pakai Kartu Kredit, Dijamin Aman!

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 April 2021 09:40
kartu debit BNI Foto: kartu debit BNI

Jakarta, CNBC Indonesia - Tak bisa dipungkiri kartu kredit bisa digunakan oleh nasabah perbankan untuk menjadi penopang dalam mengatasi keuangan, bahkan ada yang memanfaatkannya untuk kebutuhan mendesak. Kendati, dianggap sebagai 'kartu sakti', bukan berarti kartu ini tidak bisa menjadi 'bencana' jika penggunaannya tidak dikelola dengan baik.

GM Divisi Bisnis Kartu PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BBNI), Grace Situmeang menjelaskan perlunya pemakaian bijak dalam memanfaatkan kartu kredit. Sebab tanpa disadari, nasabah sudah terlalu banyak mengeluarkan uang dan tidak sebanding dengan kondisi finansial.

Sebab itu, dia mengatakan nasabah kartu kredit pun harus pintar-pintar memanfaatkan berbagai keuntungan dari kartu kredit.


"Kartu kredit memang bertujuan memudahkan para penggunanya untuk belanja online maupun offline, makan di restoran, sampai traveling, dan transaksi lainnya. Kartu kredit juga dapat membantu dalam penarikan tunai," ujar Grace dalam BNI Investime Week CNBC Indonesia, Rabu (7/4/2021).

Selain itu, nasabah juga bisa memanfaatkan promo yang tersedia dari kartu kredit. Biasanya saat Ramadan akan ada banyak promo baik secara online maupun offline.

"Manfaatkan promo kredit BNI di masa Ramadan dan Lebaran hingga 30%. Belanja di groceries, buka puasa, atau e-commerce untuk hantaran dengan cicilan 0% sampai 36 bulan, itu sangat meringkan agar tidak memberatkan. Kita juga ada program dengan bunga ringan, 0,7%," papar dia.

Nasabah juga dapat mencairkan BNI Reward point yang ada di kartu kredit untuk mengurangi jumlah transaksi. Berbicara keamanan, kata dia, pilihlah kartu kredit yang telah dilengkapi keamanan menggunakan 3D Secure untuk melindungi transaksi customer.

"Kita tetap menjaga keamanan transaksi, ini jadi prioritas kenyamanan. Pertama transaksi offline, kartu kredit sudah ada chip, dan PIN ini sudah menjaga keamanan. Di online, BNI sudah 3D secure, dan OTP [one time password]. Kita juga beri notifikasi transaksi melalui SMS. Misal transaksi, real time ada notifikasi email dan SMS. Pemegang kartu bisa memonitor penggunaan," paparnya.


[Gambas:Video CNBC]

(tas/tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading