Ada Tawaran Menarik dari Kartu Kredit BNI Nih, Simak Yuk

Investment - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
08 April 2021 08:46
BNI Syariah Gandeng Sawahlunto Terbitkan Kartu Kredit IB Hasanah Foto: BNI Syariah Gandeng Sawahlunto Terbitkan Kartu Kredit IB Hasanah

Jakarta, CNBC Indonesia - Tren penggunaan kartu kredit sebagai alat pembayaran semakin meningkat. Pengguna kartu kredit merasa lebih mudah dan praktis karena tak perlu membawa uang tunai.

Bahkan kartu kredit juga bisa digunakan sebagai sarana tarik tunai secara langsung. Tahapannya pun cukup mudah seperti pemakaian kartu debit.

Gesek tunai kartu kredit biasanya dilakukan dalam keadaan mendesak. Kendati demikian, ada beberapa hal yang diperhatikan dalam melakukan gesek tunai dengan kartu kredit.


GM Divisi Bisnis Kartu BNI, Grace Situmeang mengatakan umumnya dana tunai yang bisa diperoleh sekitar 40% hingga 60% dari batas limit kartu kredit yang dimiliki. Namun beberapa penyedia kartu kredit seperti BNI memberikan satu jenis kartu kredit yang bisa ditarik tunai 100% dari limit.

"Ada 1 jenis kartu kredit BNI namanya kartu tunai. Ini 100% dari limit bisa ditarik tunai," ujar Grace Situmeang dalam InvesTime CNBC Indonesia, Rabu (7/4/2021).

Selain bisa ditarik tunai, kartu kredit di BNI biasanya diperuntukkan untuk konsumsi di merchant. Nasabah yang mendapatkan sejumlah uang sesuai dengan limit, maka pemilik kartu kredit harus membayar biaya penarikan sesuai ketentuan bank penyedia.

Jadi, akan ada potongan ketika pengambilan uang sesuai nominalnya. Untuk pembayarannya, rata-rata pembebanan bunga adalah sekitar 2% sampai 3%. Nominalnya tentu akan semakin besar sesuai dengan jumlah penarikan tunai.

"Kredit ini (BNI) diperuntukkan untuk konsumsi di merchant, tidak menutup kemungkinan, untuk uang tunai. Fitur kita ada penarikan tunai, cash advance, bisa dilakukan ATM BNI. Fasilitas dibatasi 50%," papar ia.

Grace menyarankan meski memiliki banyak kemudahan namun manfaatkanlah limit kartu kredit dengan bijak. Sebab, tidak menutup kemungkinan akan memicu Anda untuk berlaku boros sehingga membuat tagihan semakin membengkak.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading