Ini Reksa Dana Tercuan Sepanjang Maret, Ada Punya Kamu?

Investment - Monica Wareza, CNBC Indonesia
05 April 2021 11:20
cover topik/Reksa dana anjlok thumbnail/Aristya Rahadian Krisabella

Jakarta, CNBC Indonesia - Imbal hasil (return) reksa dana sepanjang Maret mayoritas masih membukukan kinerja kurang memuaskan. Infovesta Utama mencatat sepanjang Maret 2021, reksa dana pasar uang menjadi jawara sekaligus satu-satunya reksa dana yang memberikan imbal hasil (return) yang positif kepada investor, sedangkan indeks reksa dana lainnya masih memberikan kinerja yang negatif.

Hal ini tercermin dari indeks Infovesta 90 Money Market Fund milik Infovesta yang menunjukkan kinerja reksa dana ini positif 0,33% untuk peridoe 26 Februari 2021-31 Maret 2021.

Kinerja terburuk dicatatkan oleh reksa dana saham dengan Infovesta 90 Equity Fund Index terkoreksi sebesar 4,57% pada bulan lalu. Sedangkan indeks acuannya, yakni Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) mengalami konntraksi 4,11%.


Kinerja kedua terburuk dicatatkan oleh reksa dana campuran. Indeksnya yakni Infovesta 90 Balanced Fund Index mengalami koreksi 2,44% sepanjang periode bulan lalu.

Terakhir ada reksa dana pendapatan tetap, meski tidak terlalu dalam namun masih mencatatkan kinerja yang negatif 0,11%.

Reksa DanaFoto: Dok Infovesta
Reksa Dana


Head of Investment Research Infovesta Utama Wawan Hendrayana mengatakan turunnya kinerja reksa dana pendapatan tetap ini disebabkan karena naiknya yield di pasar surat utang Amerika Serikat yang berdampak pada pasar Surat Berharga Negara (SBN) dalam negeri.

"Sebab karena terpengaruh yield treasury notes US yang naik, otomatis di sini [SBN] yield naik juga, harga turun," kata Wawan.

Dengan melihat kinerja bulan lalu, kata Wawan untuk bulan ini reksa dana saham memiliki prospek untuk menguat kembali seiring dengan potensi rebound-nya IHSG.

Berikut daftar kinerja reksa dana tercuan sepanjang bulan lalu.

Reksa DanaFoto: Dok Infovesta
Reksa Dana

Reksa DanaFoto: Dok Infovesta
Reksa Dana

Reksa DanaFoto: Dok Infovesta
Reksa Dana
Reksa DanaFoto: Dok Infovesta
Reksa Dana


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading