Ini 5 Kunci Jika Mau Tajir Seperti Jeff Bezos & Elon Musk

Investment - Thea Fathanah Arbar, CNBC Indonesia
25 November 2020 13:08
Infografis: 2 Crazy Rich AS Bersaing Jelajahi Angkasa

Jakarta, CNBC Indonesia - Memiliki kekayaan hingga menjadi miliarder rupanya tidaklah cukup. Kamu perlu memiliki beberapa ciri dan karakteristik unik yang perlu dikuasai agar dapat dikagumi oleh khalayak luas.

Berikut lima hal yang sering dilakukan orang-orang sukses seperti CEO Amazon, Jeff Bezos dan bos Tesla, Elon Musk sehingga menjadi sukses dan dikagumi saat ini, sebagaimana dilansir dari CNBC Make It.


1. Terus Tingkatkan Ekspektasi Meski Sudah Mencapai Tujuan

Dalam mencapai kesuksesan, seseorang harus terus berkembang dan berinovasi. CEO Amazon, Jeff Bezos punya satu cara berpikir yang selalu diterapkannya, yakni jangan pernah berhenti meningkatkan ekspektasi meskipun sudah mencapai semua tujuan dan keinginannya.

"Itu sifat manusia. Kami tidak bangkit dari sistem kumpulan pemburu dengan merasa puas," tulis Bezos dalam surat pemegang saham tahunan Amazon 2017 silam.

"Orang-orang memiliki keinginan besar untuk mendapatkan cara yang lebih baik, dan 'wow' kemarin dengan cepat menjadi 'biasa' hari ini... Anda tidak bisa berpuas diri di dunia ini."

2. Terus Maju Meski Ada yang Menentang Idemu

Setiap orang memiliki ide bernilai jutaan bahkan ratusan rupiah di dalamnya. Tapi butuh keberanian untuk maju dengan ide-ide itu, terutama ketika ada orang yang melarangnya. Itulah yang terjadi pada pendiri Spanx, Sara Blakely, ketika dia memiliki ide untuk menciptakan stoking tanpa kaki.

"Mereka mengatakan hal-hal seperti, 'Nah, jika itu ide yang bagus, mengapa tidak ada orang lain yang memikirkannya?'," tulis Blakely dalam postingan LinkedIn tahun 2019. "Beberapa orang menertawakan saya, yang lain berbisik di belakang saya, dan seorang pengacara menganggap saya sebagai 'lelucon' dengan teman-temannya."

Meskipun Blakely tidak pernah mengambil kelas desain bisnis atau pakaian selama hidupnya, dia percaya pada idenya. Dia tahu kegagalan adalah sebuah kemungkinan, tapi itu hal yang baik dan dia tidak membiarkan orang-orang yang tidak setuju itu mematahkan semangatnya. Spanx yang didirikan pada 2000 kini menjadi bisnis bernilai miliaran dolar.

3. Public Speaking & Percaya Diri adalah Kunci Sukses

Tidak ada yang terlahir dengan keterampilan komunikasi yang baik. Sama seperti belajar mengendarai mobil, kemampuan berbicara dengan percaya diri dan jelas di depan umum membutuhkan latihan.

Setelah lulus, CEO Berkshire Hathaway, Warren Buffett mendaftar untuk kursus berbicara di depan umum Dale Carnegie. Tumbuh dengan ketakutan berbicara di depan umum, dia tahu bahwa dia perlu mengatasi ketakutannya untuk menjadi sukses.

"Saya tidak memiliki ijazah saya dari Universitas Nebraska yang tergantung di dinding kantor saya, dan saya juga tidak memiliki ijazah dari Columbia di atas sana, tetapi saya memiliki sertifikat kelulusan Dale Carnegie saya dengan bangga ditampilkan," tulis Buffett dalam buku 'Getting There: A Book of Mentors' yang terbit tahun 2015.

"Kursus US$ 100 itu memberi saya gelar paling penting yang saya miliki. Ini jelas memiliki dampak terbesar dalam hal kesuksesan saya selanjutnya."

4. Selalu Fokus & Jangan Terus Menunda

Salah satu rahasia mengapa orang-orang kaya menjadi sukses adalah dengan selalu fokus dan tidak melakukan penundaan terhadap sesuatu. Selama wawancara di Summit Series di Los Angeles, Bezos mengungkapkan bagaimana dia mempertahankan fokus, yakni dengan hanya menangani satu hal pada satu waktu.

"Saat saya makan malam dengan teman atau keluarga, saya suka melakukan apa pun yang saya lakukan," katanya, dikutip dari TechCrunch. "Saya tidak suka melakukan banyak hal. Jika saya membaca email saya, saya ingin membaca email saya."

Hal yang sama juga dilakukan CEO Tesla Elon Musk. Seorang teman kuliah Musk, Navaid Farooq, menyebut CEO Tesla sebagai orang yang intens dan ngotot terhadap banyak hal.

"Ketika Elon terlibat dalam sesuatu, dia mengembangkan tingkat minat yang berbeda ini daripada orang lain. Inilah yang membedakan Elon dari umat manusia lainnya," kata Farooq, menurut buku 'Elon Musk: Tesla, SpaceX, and Quest for a Fantastic Future' oleh Ashlee Vance.

5. Cari Asupan Ilmu dari Baca Buku

Apa yang dilakukan dengan waktu luang rupanya berdampak besar pada kesuksesan seseorang di masa depan, dan salah satu cara terbaik untuk menghabiskan waktu di luar jam kerja adalah dengan menyerap pengetahuan dengan membaca buku.

"Tidak ada, tidak satu pun atau aktivitas, yang dapat menggantikan pengalaman membaca yang baik, dibawa ke negeri lain, alam lain, melalui kata-kata dan bahasa," tulis Oprah Winfrey dalam artikel di situsnya. Sang maestro media juga membagikan kebiasaan membacanya kepada dunia melalui klub bukunya yang populer.

Beberapa pengusaha juga memuji keberhasilan mereka membaca. Buffett menghabiskan lima hingga enam jam sehari untuk membaca koran dan laporan perusahaan. Bill Gates membaca 50 buku per tahun, dan Mark Cuban mengatakan dia membaca lebih dari tiga jam hampir setiap hari.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading