Plong! 3 Hari Ambrol, Harga Emas Antam Melesat Rp 10.000 Nih

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
13 November 2020 10:58
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (Antam) Tbk. akhirnya naik pada perdagangan Jumat (13/11/2020) setelah ambrol dalam 3 hari beruntun. Menguatnya harga emas dunia serta pelemahan rupiah membuat harga emas Antam naik cukup signifikan.

Melansir data dari situs resmi milik PT Antam, logammulia.com, emas batangan satuan 1 gram hari ini dibanderol Rp 978.000/batang, naik 1,03% atau Rp 10.000 dibandingkan harga kemarin. Sebelumnya dalam 3 hari terakhir, emas Antam satuan 1 gram ambrol nyaris 4%, penurunan terbesar terjadi pada Selasa lalu sebesar 3,4%.

Harga emas dunia pada perdagangan Kamis kemarin menguat 0,59% sementara rupiah melemah 0,5%. Kombinasi tersebut membuat harga emas Antam naik cukup tajam hari ini.


Emas dunia dibanderol dengan dolar Amerika Serikat (AS), ketika kurs Mata Uang Garuda melemah, maka harga emas tentunya menjadi lebih mahal ketika dikonversi ke rupiah.
Harga emas dunia kemarin menguat merespon pelemahan bursa saham, serta indeks dolar AS. Setelah ambrol 4,6% pada hari Senin lalu, harga emas dunia memang sudah mulai stabil, dan kembali naik secara perlahan.

Para analisis saat ini belum merubah proyeksi harga emas akan terus menanjak, meskipun ada kabar vaksin virus corona dari Pfizer yang bisa menjadi "game changer" di pasar finansial. Kabar vaksin Pfizer tersebut yang membuat harga emas ambrol di awal pekan ini. 

"Virus bisa hilang, tetapi bukan berarti perekonomian akan pulih dengan cepat. Sudah terjadi banyak kerusakan yang tidak bisa diperbaiki dengan cepat," kata Ole Hansen, kepala strategi komoditas di Saxo Bank, sebagaimana dilansir Kitco, Senin (9/11/2020).

"Pada dasarnya kita melihat pelaku pasar yang keluar dari emas setelah melakukan aksi beli dalam 6 bulan terakhir. Tetapi masih ada banyak ketidakpastian untuk emas, vaksin menjadi kabar bagus (bagi perekonomian), tetapi tetap tidak merubah narasi (penguatan emas) yang ada," katanya. 

TIM RISET CNBC INDONESIA 


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading