Waspada! Ada Peluang Cuan Tersembunyi di Reksa Dana

Investment - Rahajeng Kusumo Hastuti & Yuni Astutik, CNBC Indonesia
04 November 2020 15:12
Infografis/10 Saham Paling Cuan di 2020/Aristya Rahadian

Jakarta, CNBC Indonesia- Asosiasi Pelaku Reksa Dana & Investasi Indonesia (APRDI) mengingatkan ada peluang yang besar dari kondisi pasar modal saat ini yang sedang tertekan.

"Indeks turun 50%, pada saat indeks kembali ke angka sama maka kenaikan (dari posisi terendah) jadi 100%. Potensi ini yang perlu dimanfaatkan dengan baik," ujar Ketua Presidium APRDI Prihatmo Hari Mulyanto dalam CNBC Indonesia Award: The Best Fund Managers, Rabu (4/11/2020).

Untuk itu, dia meminta kepada masyarakat untuk terus berinvestasi seiring dengan penanganan pandemi Covid-19 yang semakin membaik dan kondisi ekonomi mulai pelan-pelan pulih.


"Industri Reksa Dana tentu tidak lepas dari kondisi pasar modal secara umum. Suatu saat market terkoreksi, setelah ada perbaikan di fundamental, menjadi rebound dengan persentase yang besar," ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Hari mengatakan industri manajer investasi Indonesia memiliki jumlah pelaku usaha yang terbesar di ASEAN. Namun, pangsa pasar industri manajer investasi di tanah air cenderung masih kecil, hanya 0,5% dari produk domestik bruto (PDB).

Menurut Hari, kondisi demikian menyebabkan persaingan di industri reksa dana cukup ketat. Apalagi, industri ini diterpa beberapa kasus dan masalah dalam beberapa waktu terakhir.

"Makanya menjadi strategi kami dari APRDI tak bosan mengajak pelaku, untuk langkah strategis memperbesar market share," ujar Hari.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading