Instrumen Lain Bisa Jatuh, Tapi Investasi Ini Tak Bakal Rugi

Investment - dob, CNBC Indonesia
01 October 2020 21:00
Launching Obligasi Negara Ritel seri ORI018 secara virtual (Tangkapan Layar)

Jakarta, CNBC Indonesia - Investasi menjadi salah satu penyelamat jika kondisi krisis sedang menghampiri. Tentunya investasi yang dilakukan tak hanya mengutamakan imbal hasilnya, namun juga keamanannya.

Ekonom Budi Hikmat mengatakan salah satu investasi yang tepat di tengah kondisi saat ini adalah Surat Berharga Negara (SBN) Seri ORI018.

"Jadi, maksudnya kupon lebih besar dari bunga deposito. Investasi itu bukan cuma bisa masuk tapi bisa keluar. Yang harus diutamakan, tertarik investasi bukan hanya cuannya, tapi pokoknya aman, cuan nyaman, likuid," katanya saat peluncuran ORI018 secara virtual di Jakarta, Kamis (1/10/2020).


Dia juga menyinggung terkait dengan bank sentral di seluruh dunia yang sudah mematok suku bunga rendah. Menurutnya, Indonesia juga bisa berada di posisi tersebut. Sehingga bagi yang masih nyaman dengan menempatkan uang pada instrumen deposito, dia menyarankan untuk memperpanjang tenor.

"Kalau mau jelas dan tidak gagal bayar di SBN ini. Antisipasi dari slowing ya amankan. Tahun politik saat ini, saham bergejolak, ORI pilihan terbaik terutama bagi milenial," katanya lagi.

Dia mencontohkan bagaimana dirinya menggunakan SBN dalam rencana keuangannya. Tahun lalu dirinya mengaku membeli SBN secara bertahap. Mulai dari uang yang berasal dari penghasilan alias gaji, bonus, hingga hasil ambil untung dari investasi saham.

"Saya ingin matching durasi. Saya hitung berapa kebutuhan dana, saya ingin investasi nilai tak turun, paling bagus dengan SBN," ujarnya yang menggunakan investasi pada SBN untuk membiayai pendidikan anaknya di Luar Negeri.

Adapun tahun ini, ORI seri 014 jatuh tempo dan akan dibayar oleh pemerintah. Mengenai hal itu, menurutnya ini merupakan suatu pertanda banhwa investasi melalui SBN ORI018 tidak ada gagal bayar.

"Dana bayar pokok jatuh tempo, kuponnya juga sudah disediakan. Jangan khawatir untuk gagal bayar, zero," tegasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading