Jangan Tertipu yang Bodong, Ini Investasi Paling Aman di RI

Investment - Rahajeng Kusumo Hastuti, CNBC Indonesia
09 September 2020 12:12
PMK 35/2019 Jurus Pajak Baru Kemenkeu (CNBC Indonesia TV)

Jakarta, CNBC Indonesia- Kementerian Keuangan RI melalui Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko (DJPPR) menawarkan sukuk ritel seri SR-013 mulai 28 Agustus 2020 hingga 23 September 2020. Produk investasi berbasis syariah ini ditawarkan dengan imbal hasil 6,05% per tahun.

Dibandingkan instrumen investasi lainnya, SR013 lebih aman karena diterbitkan oleh negara dan dijamin oleh dua undang-undang, yakni UU APBN dan UU Surat Berharga Syariah Negara (SBSN). Sehingga hampir tidak ada risiko gagal bayar, karena untuk pembayaran imbalannya telah disiapkan melalui APBN.

Produk investasi berbasis syariah ini ditawarkan dengan imbal hasil 6,05% per tahun. Menariknya lagi, investor dapat membeli SR013 dengan minimal pembelian Rp 1 juta dan maksimal Rp 3 miliar. SR013 bersifat tradeable dengan holding period 2 bulan.


"Dalam Undang-Undang disebutkan bahwa semua pokok sukuk dan imbalannya wajib dialokasikan di APBN, sehingga siapapun presidennya dan DPR-nya pembayaran imbalan tetap aman," kata Direktur Pembiayaan Syariah, Dwi Irianti Hadiningdyah pada saat peluncuran.


Apalagi dalam berinvestasi di masa pandemi ini banyak aspek yang dipertimbangkan oleh masyarakat. Biasanya yang diinginkan pun adalah investasi return yang setinggi mungkin dengan risiko yang rendah, untuk itulah SR013 dapat menjadi pilihan dari sisi keamanan dan imbal hasil yang lebih tinggi dibandingkan deposito.

Untuk itu sukuk ritel seri SR013 ini merupakan alternatif investasi bagi masyarakat sekaligus, diverifikasi pembiayaan APBN untuk menghadapi dampak dari pandemi Covid-19. Kementerian Keuangan juga menggandeng Dewan Syariah MUI untuk mendapatkan fatwa dan persetujuan syariahnya.

Kementerian Keuangan bekerja sama dengan 31 mitra distribusi, mulai dari Bank yakni 16 bank konvensional, dan 4 bank syariah. Kemudian ada pula perusahaan efek dan juga perusahaan fintech yang menjadi mitra distribusi untuk pembelian secara online.


"Karakteristik SR013, karena diterbitkan pemerintah insyaallah aman. Kita sudah memakai platform online bahkan sebelum pandemi karena mau memberikan kemudahan pada masyarakat. Dengan begitu masyarakat bisa membeli sukuk ritel melalui hp masing-masing," katanya.

Proses pemesanan pembelian SR013 dilakukan secara online melalui 4 tahap yaitu pertama registrasi/pendaftaran, kedua pemesanan, ketiga pembayaran dan terakhir setelmen. Pemesanan pembelian disampaikan melalui sistem elektronik yang disediakan Mitra Distribusi yang memiliki interface dengan sistem e-SBN.


[Gambas:Video CNBC]

(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading