Wow! Aksi Warren Buffett Buat Harga Emas Antam Naik Rp 20.000

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
18 August 2020 10:33
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang Tbk. atau yang dikenal dengan emas Antam naik cukup tajam pada perdagangan Selasa (18/8/2020), mengikuti kenaikan harga emas dunia.

Berdasarkan data dari situs logammulia.com, harga emas Antam dengan berat 1 gram hari ini dibanderol Rp 1.050.000/batang, naik Rp 20.000 atau 1,94% dibandingkan harga kemarin. Kenaikan hari ini membawa emas mendekati lagi rekor tertinggi sepanjang masa Rp 1.065.000/batang yang dicapai pada 7 Agustus lalu.

Sementara emas dengan berat 100 gram yang menjadi acuan hari ini dihargai Rp 99.212.000/batang atau Rp 992.120/gram.


Kenaikan harga emas dunia dipicu oleh indeks dolar AS yang kembali merosot mendekati level terendah dalam lebih daru 2 tahun yang disentuh dua pekan lalu.

Pembahasan stimulus fiskal yang kembali macet di Kongres (Parlemen) AS, menjadi penyebab kembali melemahnya indeks dolar AS.

Tanpa stimulus tambahan, pemulihan ekonomi AS tentunya akan berjalan lebih lambat.

"Dolar AS membutuhkan kabar positif dari pembahasan stimulus. Pasti akan ada kesepakatan, karena para politikus tidak mungkin kembali ke konstituen mereka dengan tangan hampa. Ketika itu terjadi, maka dolar AS akan punya momentum untuk menguat terhadap mata uang lain," jelas Masafumi Yamamoto, Chief Currency Strategist di Mizuho Securities yang berbasis di Tokyo, seperti dikutip dari Reuters.

Harga emas dunia kemarin kembali melesat 2,15%, mengakhiri perdagangan di level US$ 1.985,52/troy ons di pasar spot, melansir data Refinitiv.

Kenaikan ini sekaligus perlahan memangkas penurunan tajam emas pada pekan lalu.

"Penurunan tajam harga emas dan pergerakan setelahnya menunjukkan bagaimana sikap spekulatif pelaku pasar terhadap logam mulia," kata Daniel Ghali, ahli strategi komoditas di TD Securities.

Selain itu, investor papan atas Warren Buffett yang membeli saham perusahaan tambang emas membuat investor semakin optimis harga emas akan terus melesat naik. Dampaknya, aksi beli emas pun kembali terjadi.

Data yang dirilis oleh regulator pada hari Jumat pekan lalu menunjukkan perusahaan Warren Buffet, Berkshire Hathaway membeli 20,9 juta lembar saham Barrick Gold, salah satu perusahaan tambang emas terbesar di dunia.

Ghali juga menambahkan fakta Warren Buffett kini tertarik ke perusahaan emas membuat sentimen selera pelaku pasar terhadap emas semakin meningkat.

TIM RISET CNBC INDONESIA


[Gambas:Video CNBC]

(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading