Perencana Keuangan Dilarang Keras Jual Produk Investasi

Investment - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
27 July 2020 12:37
Safir Senduk Soal Kasus Jouska

Jakarta, CNBC Indonesia - Master Financial Planner, Safir Senduk menegaskan financial planner atau perencana keuangan dan manajer investasi adalah dua hal yang berbeda.

"Perencana keuangan tugasnya adalah membuat blue print, membuat perencanaan agar klien mencapai goal keuangan yang diinginkan," ujarnya kepada CNBC Indonesia, Senin (27/7/2020).

Tujuan perencanaan keuangan tersebut diantaranya dana pendidikan anak, dana pensiun, restrukturisasi utang hingga akumulasi kekayaan. Dari sinilah, tugas perencana keuangan dimulai, untuk mengarahkan klien bagaimana mengelola keuangannya.


"Perencana keuangan independen, tidak boleh bekerjasama dengan menjual produk tertentu," tegasnya.

Misalnya mengarahkan untuk menjual produk investasi tertentu seperti saham, reksadana. Perencana keuangan juga tidak boleh mengarahkan untuk membeli produk asuransi tertentu.

"Dia boleh menerima komisi, kalau klien mengambil produk keuangan yang disarankan. Perencana keuangan dan manajer Investasi dua hal terpisah, tak boleh bekerjasama," ujarnya lagi.

Menurutnya, berkaca dari kasus Jouska, banyak pelajaran yang bisa diambil, salah satunya adalah bagaimana memilih Financial Planner atau Perencana Keuangan.

"Pertama, pilih yang sesuai dengan value yang kita anut," kata Safir lagi. 

Kedua, pastikan perencana keuangan yang dipilih jangan hanya mencari sensasi. Jumlah pengikut di akun sosial media dengan jumlah besar, belum tentu sesuai dengan apa yang kita inginkan.

"Bisa saja, jumlah follower kurang dari 1.000 bisa lebih cocok dengan kita," ujarnya lagi.

Ketiga adalah pastikan perencana keuangan yang dipilih independen alias tidak terafiliasi dengan produk investasi atau asuransi lainnya. Menurutnya, calon klien harus waspada dengan tanda-tanda ini.

"Misalnya mengagung-agungkan salah satu produk investasi, padahal ada juga investasi lain yang juga di bawah OJK," pungkasnya.


[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading