Happy Weekend! Harga Emas Antam 20 Juni 2020 Naik Rp 10.000

Investment - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
20 June 2020 09:50
Emas Antam (CNBC Indonesia/ Tri Susilo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas batangan produksi PT Aneka Tambang (ANTM) atau yang kerap disebut emas Antam menguat pada hari ini, Sabtu (20/06/2020). Kenaikan harga emas dunia menjadi pemicu penguatan emas Antam.

Berdasarkan data dari logammulia.com, harga emas batangan Antam 100 gram yang menjadi acuan di Butik Emas LM Pulo Gadung dibanderol Rp 84.712.000 atau Rp 847.120/gram, naik Rp 10.000/gram atau 1,19% dibandingkan Jumat kemarin. 


Kenaikan harga emas Antam mengikuti emas dunia yang melesat 1,17% ke US$ 1.742,84/troy ons pada perdagangan Jumat kemarin. Kenikan tersebut dipicu oleh adanya risiko penyebaran pandemi penyakit virus corona (Covid-19) gelombang kedua, yang membuat pelaku pasar berhati-hati dan masuk kembali ke aset aman (safe haven) seperti emas. 

China, negara asal virus corona kini menghapi risiko tersebut. Setelah 50 hari tanpa transmisi lokal Covid-19 alias nol kasus, Beijing akhirnya melaporkan kasus pertama pada Jumat pekan lalu. Sejak saat itu hingga saat ini, jumlah kasus Covid-19 di Beijing nyaris mencapai 200 orang.

Kluster Covid-19 di Beijing berada di pasar Xinfadi, yang merupakan pasar tradisional terbesar di Beijing. Sehingga risiko semakin banyak orang yang terjangkit cukup tinggi. Pasar Xinfadi tersebut juga jauh lebih besar dari pasar di kota Wuhan yang menjadi awal munculnya virus corona hingga menjadi pandemi.

Tidak hanya China, Amerika Serikat juga mengalami lonjakan kasus Covid-19. Di beberapa negara bagian bahkan mencetak rekor penambahan kasus per hari. Meski AS sebelumnya menyatakan tidak akan melakukan lockdown lagi, tetapi lonjakan kasus dapat membuat kegiatan warganya kembali dibatasi seperti China, sehingga pemulihan ekonomi akan berjalan lebih lambat lagi.

Selain emas dunia, harga emas Antam juga dipengaruhi pergerakan rupiah melawan dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah Jumat kemarin melemah 0,29% di Rp 14.050/US$. Pelemahan rupiah membuat harga emas dunia yang dibanderol dolar AS menjadi lebih mahal, sehingga cenderung membuat harga emas Antam naik.

Faktor permintaan dan penawaran juga menjadi penentu harga emas Antam.


TIM RISET CNBC INDONESIA


(pap/pap)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading