Tips Investasi

Banyak yang Nyungsep, Yuk Belajar Pilih Reksa Dana

Investment - Yazid Muamar, CNBC Indonesia
22 November 2019 14:17
Foto: Infografis/Jalur Investasi Untuk Pemula/Arie Pratama

Jakarta, CNBC Indonesia - Sering mendengar istilah reksa dana atau mutual fund? tahukah sebenarnya produk investasi seperti apakah reksa dana itu? yukk mari kita bahas.

Reksa Dana menurut istilahnya mengandung arti menjaga dana, diterbitkan pertama kali oleh perusahaan BUMN bernama PT Danareksa. Reksa Dana diciptakan sebagai salah satu alternatif baik bagi pemodal kecil maupun besar yang memiliki uang tetapi tidak memiliki banyak waktu dan keahlian menjalankan investasinya.

Di Indonesia, reksa dana umumnya berbentuk Kontrak investasi kolektif (KIK), yakni kontrak produk yang dibuat oleh pengelola atau Manajer Investasi (MI) dan Bank Kustodian (BK) yang berfungsi menyimpan dana nasabah.


Produk reksa dana tersebut kemudian dijual dan dapat dibeli di kantor MI maupun agen penjual efek reksa dana (APERD) yang berkerja sama dengan MI seperti bank, sekuritas, perusahaan e-commerce seperti tokopedia, bukalapak, bibit, bareksa, dan lain sebagainya.

Apa Saja Produk-Produk Reksa Dana
Pada produk reksa dana yang dijual tanpa pembatasan unit (open end), karakteristik produk dibagi berdasarkan (underlying) investasinya, sebagai contoh pada reksa dana saham (minimal 80% ditempatkan di saham), reksa dana pendapatan tetap (minimal 80% berupa obligasi), reksa dana pasar uang (ditempatkan pada Sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, dan obligasi yang jatuh tempo di bawah 1 tahun).

Sedangkan pada reksa dana campuran, yakni mengandung unsur dari dari portofolio di atas, maksimal 79% ditempatkan pada salah satu instrumen pada saham, obligasi, dan pasar uang.

Untuk reksa dana yang penerbitan unitnya dibatasi (closed End), saat ini terdiri dari reksa dana terstruktur, reksa dana terproteksi, dan Exchange Traded Fund (ETF).

Reksa dana terstruktur terdiri dari reksa dana index (komposisinya mengacu pada index tertentu), reksa dana terproteksi (nilai pokoknya diproteksi oleh MI), reksa dana dengan penjaminan atau capital guaranteed Fund (saat ini belum ada yang menerbitkan).

Sesuai karakteristik produknya, ada reksa dana yang bersifat konvesional dan ada yang mengacu pada prinsip syariah. Ada pula yang diterbitkan dalam bentuk mata uang asing, khususnya reksa dana pasar uang yang aset dasarnya menggunakan mata uang dolar AS.

Memahami Mekanisme Cara Reksa Dana Berkerja
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2 3
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading