Kopi Darat AS-China Gagal, Harga Emas Antam Ogah Menguat!

Investment - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
07 November 2019 09:32
Kopi Darat AS-China Gagal, Harga Emas Antam Ogah Menguat! Foto: Ist
Jakarta, CNBC Indonesia - Harga emas investasi ritel kepingan acuan yang diproduksi PT Aneka Tambang Tbk (ANTM/Antam) stagnan alias malas bergerak (mager) di posisi Rp 709.000/gram pada perdagangan Kamis ini (7/11/2019) dari angka yang sama dengan Rabu kemarin.

Stabilnya harga emas ritel itu terjadi ketika sinar damai dagang meredup seiring dengan tegangnya hubungan politik dan ekonomi Amerika Serikat (AS)-China. Beijing diketahui menolak tawaran lokasi pertemuan di Negeri Paman Sam untuk menandatangani perjanjian damai fase pertama.

Prospek damai dagang yang mulai menjauh itu dan berpotensi tidak tuntas tahun ini meningkatkan kekhawatiran pelaku pasar keuangan dunia, sehingga memborong komoditas tersebut dan menciptakan tekanan beli yang mengangkat harga emas dunia.



Potensi pembalikan arah tertahan hari ini, setelah kemarin harga emas Antam seri keping acuan amblas Rp 8.000/gram.



Data di situs logammulia milik Antam hari ini menunjukkan besaran harga emas kepingan 100 gram berada pada Rp 70,1 juta/batang, yang masih sama dengan posisi kemarin.

Hari ini, harga beli kembali (buy back) emas Antam di gerai resmi juga tak bergerak dari posisi Rp 669.500/gram dari harga kemarin.

Harga itu dapat menunjukkan harga beli yang harus dibayar Antam jika pemilik batang emas bersertifikat tersebut ingin menjual kembali investasinya.

Stabilnya harga emas Antam tersebut tertinggal dari pembalikan arah harga emas di pasar spot global kemarin yang mulai menguat menjadi US$ 1.490,36 per troy ounce (oz) dari posisi sehari sebelumnya US$ 1.484/oz. Hari ini, harga emas masih turun menjadi US$ 1.491,1/oz.




TIM RISET CNBC INDONESIA

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading