Curhat Nasabah yang 11 Tahun Digantung Bakrie Life

Investment - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
10 April 2019 14:04
Curhat Nasabah yang 11 Tahun Digantung Bakrie Life
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak 16 pemegang polis asuransi Diamond Investa milik Bakrie Life memutuskan untuk melaporkan Bakrie Life ke Bareskrim Polri karena belum melunasi semua kewajibannya. Pelaporan tersebut dilakukan kemarin (9/4/2019).

Salah satu yang melaporkan adalah Eveline yang berposisi sebagai direktur Dwi Karsa dan satu perusahaan lainnya. Ia mengaku menginvestasikan dana perusahaan sebesar Rp 3,6 miliar pada asuransi Diamond Investama.


Awalnya dana tersebut digunakan untuk kesejahteraan perusahaan. Tetapi hanya tiga bulan setelah membeli, produk tersebut langsung bermasalah.


"Preminya Rp 1,2 miliar dengan kerugian mencapai Rp 3,6 miliar," ujarnya ketika ditemui di Kuningan City Mall, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Nasabah lainnya adalah Anna. Ia menyatakan membayar premi Rp 500 juta. Awalnya berinvestasi karena tergiur tawaran imbal hasil yang lebih tinggi dari bunga bank dan percaya nama besar Grup Bakrie.

"Saya sudah cairkan setengahnya. Nyangkut Rp 250 juta. Saya cairkan sebelum ada masalah," jelas Anna.

Wahyudi yang juga juru bicara nasabah menjelaskan setelah 11 tahun masalah ini manajemen masih belum menyelesaikan semua kewajibannya. Nasabah hanya diberikan 'angin surga' atau janji-janji pelunasan kewajiban.

"Sekarang sudah 11 tahun dan saya dibayar bunga saja hanya nol sekian persen dari kewajiban, jadi saya pikir gak ada gunanya menunggu, hanya janji, angin surga dan kata-kata manis. Jadi saya pikir jalur hukum akan menegakkan kebenaran karena Bakrie gak niat lagi bayar," jelas Wahyudi dalam konferensi pers di Kuningan City Mall, Jakarta, Rabu (10/4/2019).

Asal tahu saja, Diamond Investa adalah produk asuransi berbalut investasi atau unitlink. Produk itu mengalami gagal bayar pada 2008 setelah bursa saham jatuh karena krisis global yang dipicu kasus suprime mortagage di Amerika Serikat (AS).

Bapepam yang kini bersalin rupa menjadi OJK waktu itu menyatakan gagal bayar Diamond Investa mencapai Rp 500 miliar. Untuk menyelesaikan masalah ini dicapai kesepakatan Bakrie Life akan mencicil kewajibannya.

Namun pencicilan yang dilakukan Bakrie Life bermasalah. Tidak semua pemegang polis dananya dikembalikan. Pada 2016, OJK mencabut izin operasional Bakrie Life


(roy/miq)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading