3 Cara Gunakan Kartu Kredit untuk Lebih Hemat di 2019

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
07 January 2019 18:06
3 Cara Gunakan Kartu Kredit untuk Lebih Hemat di 2019
Jakarta, CNBC Indonesia- Bagai pisau bermata dua, kartu kredit ternyata bisa menjadi hal yang paling menakutkan bila salah dalam penggunaannya. Itulah sebabnya banyak pakar menyarankan agar Anda menggunakan kredit secara bijak.

Agar kondisi keuangan tetap stabil dan sejahtera, salah satu hal yang wajib di ingat adalah melunasi tagihan tepat waktu. Ini untuk menghindari denda dan bunga yang terus naik. 






Berikut adalah tiga cara sederhana menggunakan kartu kredit yang dapat digunakan untuk menghemat uang pada tahun 2019.

Rewards
Cara paling sederhana bahwa kartu kredit menghasilkan uang bagi Anda adalah dengan memanfaatkan rewards dari pengeluaran Anda. Banyak kartu menawarkan cash back, sehingga Anda mendapatkan persentase imbalan yang sama untuk setiap pembelian yang Anda lakukan. 

Kartu lain menawarkan poin hadiah atau miles. Biasanya 1 poin atau 1 mil bernilai satu sen, jadi 100 poin = US$ 1. Tetapi dengan banyak kartu, Anda akan dapat memilih di antara berbagai opsi penukaran dan cash back, barang dagangan, pembelian perjalanan, donasi dan opsi mana yang Anda gunakan dapat mempengaruhi nilai hadiah.

Bonus pendaftaran
Satu survei menemukan bahwa bonus pendaftaran yang menarik adalah motivasi utama bagi seperempat dari orang-orang yang mendapatkan kartu baru. Itu karena banyak bonus sangat besar, dan biasanya tidak terlalu sulit untuk memenuhi syarat untuk mereka.

Misalnya, jika Anda menghabiskan US$ 4.000 untuk pembelian dalam tiga bulan pertama mendapatkan kartu Citi ThankYou Premier, Anda mendapatkan 50.000 poin. Itu bernilai US$ 625 saat ditebus saat bepergian.

Ada beberapa hal yang perlu diingat. Anda biasanya tidak memenuhi syarat untuk bonus jika kartu baru Anda adalah merek yang sama dengan yang sudah ada miliki sebelumnya. Misalnya, jika Anda mengajukan permohonan kartu ThankYou Premier, tetapi membuka atau menutup kartu Citi ThankYou Preferred atau Citi Prestige dalam dua tahun terakhir, bonus tidak akan tersedia.

Jaminan yang diperpanjang dan perlindungan harga
Dua fasilitas kartu kredit terakhir ini agak kurang dikenal, tetapi keduanya dapat menghemat banyak uang, selama Anda menyadarinya. Beberapa kartu menawarkan perlindungan harga, yang berarti bahwa, jika Anda membeli item pada kartu kredit Anda dan kemudian harganya turun dalam kerangka waktu yang ditentukan, biasanya satu atau dua bulan, Anda bisa mendapatkan pengembalian selisihnya. Tetapi itu mengharuskan Anda untuk mengirimkan formulir klaim.

Dan banyak yang akan memperpanjang jaminan pembelian besar untuk satu atau dua tahun tambahan. Seperti yang dikatakan oleh penulis Ramit Sethi yang mengatakan bahwa hal itu bisa menjadi peluang besar. 

Banyak uang yang Anda belanjakan untuk jaminan yang diperpanjang dan jangan membelanjakannya tapi Anda dapat menyimpannya.



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading