203 Orang Sudah Lapor Jadi 'Korban' Jiwasarya, Ada WNA Korsel

Investment - Herdaru Purnomo, CNBC Indonesia
21 December 2018 16:18
203 Orang Sudah Lapor Jadi 'Korban' Jiwasarya, Ada WNA Korsel
Jakarta, CNBC Indonesia - Ketua Koordinator Forum Komunikasi Pemegang Polis Bancassurance Jiwasraya Rudyantho mengungkapkan sudah sebanyak 203 nasabah yang lapor menjadi korban gagal bayar PT Asuransi Jiwasraya (Persero).

Bahkan ada nasabah yang merupakan Warga Negara Asing (WNA) asal Korea Selatan.

"Sampai hari ini ada 203 orang yang bergabung dalam Forum Komunikasi Pemegang Polis. Ada warga negara asing juga asal Korea Selatan," ungkap Rudyantho kepada CNBC Indonesia, Jumat (21/12/2018).


Dikatakan Rudyantho, WNA asal Korsel tersebut cukup banyak. "Ada 136 nasabah asal Korsel," tuturnya.
203 Orang Sudah Lapor Jadi 'Korban' Jiwasarya, Ada WNA KorselFoto: Arie Pratama

"Infonya juga sebenarnya ada 474 orang WNA Korsel, adapun dana investasi mereka di Jiwasraya mencapai Rp 572 miliar sendiri," kata Rudyantho.

Direktur Utama PT Asuransi Jiwasraya (Persero) Tbk Hexana Tri Sasongko sebelumnya menawarkan skema roll over kepada nasabah.

"Kami menawarkan program roll over yang menarik. Bunga jatuh tempo dibayar penuh dan bunga roll over dibayar dimuka 7% p.a net," kata Hexana kepada CNBC Indonesia, Selasa (18/12/2018).

"Pokok di-reschedule 1 tahun dengan cara di-roll over. Solusi ini sangat baik, sambil menunggu hasil upaya kami yang diproyeksikan masuk tahun depan," imbuh Hexana lebih jauh.

Namun nasabah menolak. Rudyantho mengatakan banyak nasabah yang ingin dananya kembali utuh berikut nilai investasinya sesuai perjanjian.

Lebih jauh Rudyantho mengungkapkan juga, beberapa bank yang bekerja sama dengan Jiwasraya, juga telah dikirimkan surat oleh Forum Nasabah. Sayangnya bank juga tidak mau bertanggung jawab.

"Bank tersebut menyebutkan bahwa Jiwasraya yang harus tanggung jawab dana nasabah, bank hanya memasarkan saja," katanya.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading