Sah, Dinfra Mandiri Jasamarga Pandaan Resmi Terbit

Investment - Irvin Avriano Arief, CNBC Indonesia
09 November 2018 20:52
Sah, Dinfra Mandiri Jasamarga Pandaan Resmi Terbit
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Mandiri Manajemen Investasi resmi mencatatkan produk Dana Investasi Infrastruktur (Dinfra) perdana yang bernama Dana Investasi Infrastruktur Toll Road Mandiri JPT-001 di pasar modal. 

Produk itu mengincar dana Rp 1,5 triliun untuk membiayai jalan tol milik anak usaha PT Jasa Marga Tbk (JSMR). Rencana Mandiri Investasi menerbitkan Dinfra sudah disampaikan sejak pertengahan tahun ini.

Data PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) pada Jumat (9/11/18) menunjukkan Dinfra yang akan berinvestasi pada aset PT Jasamarga Pandaan Tol (anak usaha Jasa Marga) tersebut baru dicatatkan dengan memanfaatkan jasa PT Bank Maybank Indonesia Tbk (BNII) sebagai bank kustodian. 


Dinfra merupakan produk yang didasari kontrak investasi kolektif di mana manajer investasi produk itu dapat menempatkan dana investasi pada efek bersifat ekuitas, efek bersifat utang, maupun proyek infrastruktur fisik secara sekaligus.  

Sehingga, jika dana yang terkumpul belum cukup maka dana dari produk itu dapat diinvestasikan di pasar modal. Dinfra juga dapat menjawab kebutuhan investor yang ingin melakukan diversifikasi investasi di luar efek yang sudah diperdagangkan di bursa seperti saham perusahaan publik dan obligasi.  

Produk itu juga dapat ditawarkan melalui penawaran umum sehingga dapat menjangkau investor yang lebih luas. Dana Investasi Infrastruktur Toll Road MandiriJPT-001 ditargetkan Mandiri Investasi dapat berinvestasi senilai Rp 1,5 triliun.  

Nilai investasi itu dapat dikumpulkan secara bertahap, tidak hanya sekali ketika penawaran umum layaknya produk saham, obligasi, ataupun efek beragun aset (EBA). 

TIM RISET CNBC INDONESIA (irv/irv)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading