Perencanaan Keuangan

Ingin Berutang? Coba Tanyakan Pertanyaan Ini ke Diri Anda

Investment - Lynda Hasibuan, CNBC Indonesia
24 October 2018 19:48
Ingin Berutang? Coba Tanyakan Pertanyaan Ini ke Diri Anda
Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak anak muda yang senang berutang. Mereka yang berusia  25-34 tahun memilki utang rata-rata US$ 42.000 (Rp 637 juta) Sedangkan mereka yang berusia 16-20 tahun memiliki rata-rata US$ 4.343 (Rp 65 juta). 

Ketika suku bunga meningkat, utang akan semakin berat untuk dilunasi, dan jadi masalah baru bagi keuangan anak muda.

Crazy rich Ray Dalio, pendiri hedge fund terbesar di dunia, Bridgewater Associates, menyarankan kaum muda untuk melakukan sedikit analisis sebelum mereka setuju untuk mengambil pinjaman.


"Berhati-hatilah dengan utang. Ada yang bagus dan ada yang buruk," kata Dalio kepada CNBC Make It.

Ketika ingin berutang, para anak mudah harus ingat dana tersebut harus dikembalikan kepada pemberi pinjaman. Sebelum menyesal, Dalio menyarankan untuk mengajukan satu pertanyaan kepada diri Anda sebelum berutang.

"Apakah utang membantu Anda menabung atau menghasilkan lebih banyak uang di masa depan? Utang yang menghasilkan lebih banyak arus kas daripada biayanya adalah utang yang bagus," kata Dalio. 

Dia mencontohkan, misal Anda mengambil pinjaman untuk menyelesaikan gelar lanjutan yang akan menaikkan gaji di atas yang Anda terima saat ini, utang tersebut adalah utang yang baik, ungkap Dalio.

Jenis utang baik lainnya adalah jenis yang memaksa Anda untuk menghemat uang dari waktu ke waktu. Misalnya, pembayaran bulanan pada hipotek rumah adalah jenis penghematan paksa, katanya, karena Anda menyisihkam uang untuk menjadi aset yang nantinya bisa Anda jual.

Hai Berutang? Coba Tanyakan Pertanyaan Ini ke Diri AndaFoto: Aristya Rahadian Krisabella

"Utang yang memaksa Anda berhemat lebih banyak dari yang dilakukan saat ini merupakan utang yang baik. Berutang untuk konsumsi dan gaya hidup, atau untuk apa pun yang tidak menghasilkan lebih banyak pendapatan jadi utang buruk," terang Dalio.


"Saya pribadi sangat tidak suka berutang. Mungkin itu karena ayah saya dari generasi Great Depresion dan perang di mana mereka lebih merasa nyaman dan tak khawatir ketika memiliki tabungan serta tak berutang," ungkap. Dalio.

Menurut Forbes, kekayaan Dalio bernilai sekitar US$18 miliar (Rp 273 triliun), Dia adalah pendiri Bridgewater Associates yaknk bergerak di bidang investasi yang berdiri sejak tahun 1975.

[Gambas:Video CNBC] (roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading