Perencanaan Keuangan

Investasi Emas Batangan VS Perhiasan, Mana Lebih Baik?

Investment - Arina Yulistara, CNBC Indonesia
05 October 2018 18:44
Investasi Emas Batangan VS Perhiasan, Mana Lebih Baik?
Jakarta, CNBC Indonesia - Banyak milenial yang bingung ketika ingin berinvestasi. Salah satu pilihannya melakukan investasi dalam bentuk emas. Namun mereka juga kerap bimbang, apa lebih baik membeli emas dalam bentuk logam mulia atau perhiasan?

Perencana keuangan syariah Dr. Murniati Mukhlisin, M. Acc., menyarankan lebih baik investasi emas dalam bentuk logam mulai dibandingkan perhiasan. Meski para wanita lebih senang membeli perhiasan karena bisa dipakai namun ketika ada tujuan ingin dijual nanti ketika butuh sebaiknya membeli logam mulia.

Ani menuturkan kalau logam mulia tidak memiliki biaya ongkos pembuatan sehingga harganya stabil dan cenderung naik saat dijual di masa depan. Berbeda dengan emas perhiasan yang tentu akan turun ketika mau dijual.


"Kalau dijual harganya akan terkikis dengan biaya pembuatan, perhiasan itu kan dibentuk ya. Perhiasan emas itu ada biaya ongkos pembuatan nggak bisa sama kayak harga beli nanti kalau dijual lagi. Nah kalau logam mulia yang batangan, dia tidak siap dipakai dan nggak ada ongkos pembuatan. Jadi misalnya sekarang kita beli Rp 1 juta, 2 tahun lagi harganya Rp 1,2 juta itu bisa dapat harga emas sekarang," jelas Ani saat dihubungi CNBC Indonesia melalui telepon, Rabu (3/10/2018).

Tidak hanya Ani, perencana keuangan Prita Ghozie juga lebih menyarankan investasi emas dalam bentuk logam mulia. Prita menuturkan kalau perhiasan agar sulit menentukan harganya di masa mendatang. Belum lagi jika perhiasan tersebut bertabur batu permata.

"Saya sangat menyarankan untuk memiliki bentuk logam mulia dibandingkan dengan perhiasan, karena satuan nilai jual-beli lebih standar, dan tidak dipotong oleh ongkos. Terlebih jika perhiasan bertabur batu permata, untuk orang awam agak sulit untuk mengetahui harga yang pantas untuk satu butirnya," kata Prita melalui blog pribadinya. 

(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading