Zurich Akuisisi Adira, Asing Kian Kuasai Industri Asuransi

Investment - Roy Franedya, CNBC Indonesia
01 October 2018 08:36
Zurich Akuisisi Adira, Asing Kian Kuasai Industri Asuransi
Jakarta, CNBC IndonesiaZurich Insurance Group menandatangani perjanjian untuk mengakuisisi 80% kepemilikan PT Asuransi Adira Dinamika (Asuransi Adira), Kamis (27/9/2018).

Zurich mengakuisisi 80% saham Asuransi Adira setelah mengakuisisi 70% saham Bank Danamon di perusahaan tersebut dan 10% saham pemegang saham moniritas. Nilai transaksi ini mencapai Rp 6,15 triliun.


"Zurich telah menjadikan Asia Pasifik sebagai mesin pertumbuhan utama untuk Grup, dan Indonesia adalah pasar utama bagi kami. Transaksi hari ini membuktikan komitmen kami kepada Indonesia dan merupakan peluang yang baik untuk memperluas keberadaan kami di wilayah ini, dan membantu lebih banyak lagi nasabah untuk memenuhi kebutuhan asuransi mereka, " kata Jack Howell, Chief Executive Officer Zurich untuk Asia Pasifik. 


Aksi korporasi ini semakin mengukuhkan cengkraman kepemilikan asing di industri asuransi domestik. Maklum, asuransi Adira merupakan asuransi terbesar keenam dalam industri asuransi umum.

Berdasarkan penelusuran OJK ada 18 perusahaan yang porsi kepemilikan asing di atas 80% dari 281 asuransi yang beroperasi di Indonesia. Tetapi 18 perusahaan tersebut merupakan pemain utama di industri asuransi.

Zurich sudah ada di Indonesia sejak 1991 dan beroperasi dengan menjadi pemegang saham pengendali pada PT Zurich Insurance Indonesia. Pada 2010, Zurich mengakuisisi 80% saham Mayapada Life dan mengganti nama perusahaan menjadi PT Zurich Topas Life.


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading