Investasi Bodong Banyak yang Berkedok Jual-Beli Bitcoin

Investment - gita rossiana, CNBC Indonesia
23 January 2018 11:23
Investasi Bodong Banyak yang Berkedok Jual-Beli Bitcoin
Jakarta, CNBC Indonesia - Berkembangnya uang virtual, termasuk bitcoin disinyalir berdampak pada makin berkembangnya investasi bodong. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melalui satuan tugas (satgas) waspada investasi juga sudah menutup entitas yang berkedok uang virtual tersebut.

Ketua Satgas Waspada Investasi Tongam L Tobing mengatakan, dengan berkembangnya bitcoin, banyak entitas yang memanfaatkannya untuk mendapatkan keuntungan dari masyarakat.

"Mereka menawarkan koin dengan imbal hasil tinggi, bahkan sampai 5% per hari. Penawaran ini tentu tidak masuk akal dan menyesatkan," kata dia kepada CNBC Indonesia melalui pesan singkat, Selasa (23/1/2018).


Menurut Tongam, sampai saat ini sudah ada empat entitas berkedok uang virtual yang telah dihentikan kegiatannya. Adapun entitas tersebut adalah  SPS Coin, Dunia Coin Digital, Bitconnect dan Tracto.

Ke depan, Tongam berharap investasi bodong berkedok uang virtual ini akan terus berkurang. Satgas juga melakukan pencegahan dengan sosialisasi kepada masyarakat agar waspada terhadap penawaran investasi ilegal.

"Kami juga tetap memantau entitas-entitas yang menawarkan investasi ilegal yang memanfaatkan ketidakpahaman masyarakat terhadap virtual aset ini," jelas dia. (dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading