Selain Intel, Produsen Chip Jerman Ini Juga 'Ceraikan' Huawei

Fintech - Roy Franedya, CNBC Indonesia
20 May 2019 - 18:02
Selain Intel, Produsen Chip Jerman Ini Juga 'Ceraikan' Huawei
Jakarta, CNBC Indonesia - Jumlah perusahaan teknologi yang memutuskan kerja sama dengan Huawei Technologies bertambah. Terbaru, produsen chip asal Jerman, Infineon Technologies telah menangguhkan pengiriman produk ke Huawei Technologies.

Informasi ini disampaikan dua sumber yang mengetahui tentang hal ini, Nikkei Asia Review melaporkan, Senin (20/5/2019).


Keputusan Infineon Technologies untuk menghentikan pengiriman chip bersamaan dengan kebijakan Kementerian Perdagangan AS yang memasukkan Huawei dalam daftar perusahaan yang tidak boleh membeli komponen dan produk dari perusahaan AS jika belum mendapat lisensi dari pemerintah.


Perusahaan asing yang menggunakan sejumlah teknologi Amerika dalam produknya juga akan tunduk pada aturan ini. Jika tidak patuh maka perusahaan tersebut bisa kena sanksi dari AS, ujar seorang pengacara international kepada Nikkei Asian Review.

Selain Intel, Produsen Chip Jerman Ini Juga 'Ceraikan' HuaweiFoto: Huawei 5G (REUTERS/Dado Ruvic)

"Infineon memutuskan untuk mengambil langkah yang lebih hati-hati dan menghentikan pengiriman. Tetapi akan mengadakan pertemuan minggu ini untuk membahas [situasi] dan membuat penilaian," kata salah satu sumber tersebut. Belum jelas apakah Infineon akan kembali melakukan bisnis dengan Huawei setelah mengklarifikasi masalah huku ini, sumber lain menambahkan.

Pembuat chip Jerman memasok produk ke Huawei, termasuk mikrokontroler dan sirkuit terpadu manajemen daya. Huawei adalah pembuat peralatan telekomunikasi terbesar di dunia dan pembuat smartphone terbesar kedua.


Keputusan Infineon dapat memiliki dampak serius bagi perusahaan China. Sebab, pemasok komponen inti sudah mulai menangguhkan kerja sama. Tindakan infineon bisa mempengaruhi rekanan Uni Eropa Huawei lainnya. Infineon tidak menanggapi permintaan komentar.

Sumber Nikkei Asian Riview mengatakan pembuat chip AS Qualcomm, Intel dan Qorvo telah menghentikan pengiriman produk ke Huawei. Pembuat chip memori Amerika Micron Technology dan Western Digital juga menghentikan pengiriman ke Huawei.


"Sebagai perusahaan yang berbasis di AS dengan jejak global, Micron menghormati dan mematuhi semua hukum dan peraturan di AS dan negara-negara lain tempat kami beroperasi," ujar Micron dalam penjelasan resminya.


Simak video tentang Huawei di bawah ini.

[Gambas:Video CNBC]


(roy/prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading