Perkembangan Teknologi

Gagal di Premium, Google Luncurkan Ponsel Menengah Pixel 3A

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
08 May 2019 - 16:40
Gagal di Premium, Google Luncurkan Ponsel Menengah Pixel 3A
Jakarta, CNBC Indonesia - Google tampak serius bermain di pasar handphone segmen menengah. Kali ini, Google luncurkan ponsel pintar baru Pixel 3A yang dibandrol US$399 atau setara Rp 5,71 juta.

Ini merupakan stratergi baru Google untuk membantu penjualan ponsel milik perseroan yang terus turun. Harapannya, model kelas menengah ini dirancang agar Google Pixel dapat diakses lebih banyak pengguna.

Sebelumnya Google memilih ikut dalam persaingan ponsel premiun dengan mengeluarkan seri Pixel 3 dan 3 XL yang harganya dua kali lipat dari 3A. Namun sayang ponsel seri ini tidak laris meskipun menawarkan teknologi kamera yang luar biasa.


Ini bisa jadi karena pada awal peluncuran penjualan ponsel ini eksklusif hanya untuk Verizon (meskipun mereka bekerja pada operator AS lainnya), ditambah fakta bahwa pengguna pada umumnya tidak membeli ponsel sebanyak dulu.

Tapi faktor terbesarnya adalah harga. Pixel 3 dijual pada US$ 649 dan Pixel 3 XL dijual pada US$769.

Meskipun Pixel 3 dan 3 XL tak semahal iPhone XS US$1.000 dan Samsung Galaxy S10, tetapi harganya cukup mahal. Chief Financial Officer Alphabet, perusahan induk Google, Ruth Porat mengakui nilai rendah karena "tekanan di pasar smartphone premium."

Dengan harga yang lebih rendah, Pixel 3A memiliki peluang lebih besar untuk menarik pelanggan baru dan pada akhirnya meningkatkan penjualan. Meskipun tidak memiliki banyak fitur seperti opsi "anggaran" lainnya dari para pesaingnya, seperti iPhone XR dengan US$750 dan Galaxy S10E, Pixel 3A masih setidaknya lebih murah US$250.
Googel LuFoto: Googel Pixel 3A (CNBC/Todd Haselton)

Jika Pengguna menginginkan perangkat lunak terbaru dari Google dan kemampuan untuk mengambil foto yang fantastis. Hal tersebut dapat diwujudkan oleh Pixel 3A.

Kelebihan dari Pixel 3A adalah lebih murah daripada Pixel 3 versi sebelumnya dan dilengkapi kamera grade-A yang sama serta dapat memotret dengan sangat baik dalam cahaya rendah. Juga dapat merekam video time-lapse dan memiliki jack headphone.

Kekurangan Ponsel ini adalah tidak tahan air dan tidak memiliki pengisian daya nirkabel serta penyimpanan lokal dibatasi pada 64GB. Terakhir, walaupun Pixel 3A memiliki unggahan tak terbatas ke Google Photo, namun resolusi kualitas tinggi tersebut terkompresi, bukan asli.

Intinya Pixel 3A memiliki kamera terbaik untuk pada kelas menengah. Tetapi jika prioritasnya adalah prosesor cepat atau lebih banyak memori OnePlus 6T jelas tampil sebagai pemenang.

Googel LuFoto: Googel Pixel 3A (CNBC/Megan Graham)
(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading