OVO, Grab & Tokopedia Galang Donasi Digital untuk Pendidikan

Fintech - Yuni Astutik, CNBC Indonesia
02 May 2019 - 18:30
OVO, Grab & Tokopedia Galang Donasi Digital untuk Pendidikan
Jakarta, CNBC Indonesia - Grab, OVO dan Tokopedia bekerjasama untuk gerakan sosial berbasis digital. Dengan tema 'Patungan Untuk Berbagi' ketiganya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berbagi di bulan Ramadhan, guna mendukung keberlangsungan pendidikan anak-anak Indonesia.

Direktur OVO, Harianto Gunawan mengatakan jika dengan ekosistem ini diharapkan bisa memberi banyak manfaat. Apalagi donasi yang dilakukan terbilang mudah, dengan hanya sentuhan jari saja.

"Sebagai bagian dari ekosistem digital, OVO senantiasa mengembangkan jumlah use case untuk melingkupi berbagai aspek kehidupan sehari-hari. Kegiatan ini diyakini bakal membawa dampak besar bagi pemerataan ekonomi digital," katanya dalam peluncuran 'Patungan untuk Berbagi" di Jakarta, Kamis (2/4/2019).



Sementara itu, Presiden Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata membeberkan alasan mengapa kerjasama ketiga perusahaan ini dilakukan. Menurutnya, karena memiliki persamaan dalam lini bisnis yaitu perusahaan digital, sehingga sangat memungkinkan untuk membuat kemudahan akses dalam melakukan donasi sekalipun.

"Dari teknologinya bisa berbagi. Ini kan sama-sama perusahaan teknologi, user dan bahkan merchant base sehingga akses nya besar. Sehingga masyarakat yg menggunakan sehari-hari bisa langsung donasi. Dengan aplikasi yang sering digunakan tidak usah berfikir lagi," ujarnya.

Berdasarkan data dari Survei Sosial Ekonomi Nasional (SUSENAS) pada 2017, setidaknya ada 4,4 juta anak Indonesia termasuk yatim piatu yang kurang mampu, dan belum terjamin pendidikannya. Donasi yang terkumpul ini nantinya akan disalurkan oleh Rumah Yatim untuk memberikan pendidikan yang lebih layak.

Festival ini sendiri akan diadakan di Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Palembang, Medan dan Makassar. Nantinya seluruh sumbangan yang terkumpul akan diberikan bertepatan dengan hari raya Lebaran.

Acara peluncuran ini dihadiri pula oleh Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara. Dia memberikan apresiasi kepada ketiga perusahaan. Apalagi diketahui saat ini merchant Tokopedia berjumlah sekitar 5,2 juta. Belum lagi driver Grab yang jumlahnya sekitar 2 juta.

"Diharapkan gerakan sosial bisa membuktikan ekosistem digital dan bisa menggerakkan masyarakat Indonesia untuk berbagi supaya lebih mudah," tuturnya.

Saksikan Video Softbank Siap Kucurkan Dana Lagi Untuk Grab

[Gambas:Video CNBC]



(dob/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading