Beli Mobil Tesla Model X & BYD, Blue Bird Habiskan Berapa?

Fintech - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
22 April 2019 17:38
Beli Mobil Tesla Model X & BYD, Blue Bird Habiskan Berapa?
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten transportasi PT Blue Bird Tbk (BIRD) menginvestasikan dana sebesar Rp 40 miliar untuk meluncurkan 29 kendaraan listrik sebagai armada barunya. Rinciannya 25 unit kendaraan listrik asal China, BYD e6 A/T dan 4 unit Tesla Model X 75D A/T.
 
Direktur BIRD, Adrianto Djokosoetono, kepada wartawan menjelaskan, dana Rp 40 miliar itu bersumber dari dana reserach and development (R&D) perusahaan. Dana tersebut, kata dia, juga sudah termasuk biaya infrastruktur pemasangan stasiun pengisian listrik (SPL) sebanyak 12 unit yang terpasang di kantor pusat BIRD di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.


"Jadi dana Rp 40 miliar sudah sudah termasuk SPL dan infra pemasangan SPL di kantor kita sebanyak 12 charging station," ungkap Adrianto, di Kantor Pusat Blue Bird Group, Jakarta, Senin (22/4/2019).

Adapun mengenai tarifnya, meskipun jika dikomparasi dengan bahan bakar Premium lebih murah, namun Blue Bird masih menetapkan tarif yang sama dengan layanan Blue Bird pada umumnya, sebab kata Adtianto, pihaknya tidak hanya berinvestasi membeli kendaraannya saja, tetapi juga fasilitas SPL dan maintenance.


"Kita masih pakai tarif yang sama seperti Blue Bird," ungkap dia.

Beli Mobil Tesla Model X & BYD, Blue Bird Habiskan Berapa?Foto: Mobil listrik Blue Bird (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur BIRD, Noni Purnomo menyatakan, pihaknya terus melakukan terobosan inovasi baru dan menjadi pioneer dalam menghadirkan kendaraan listrik di industri transportasi Indonesia. Pada tahap selanjutnya, diharapkan Blue Bird akan mengoperasikan 200 unit taksi listrik hingga 2020.

"Melalui terobosan inovasi dari kendaraan listrik ini, Bluebird tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan kualitas layanan dan kenyamanan bagi pelanggan, namun juga menjadi bagian dari komitmen perusahaan dalam mendukung pelestarian lingkungan, khususnya peningkatan kualitas udara di Jakarta," ungkap Noni.

Pantauan CNBC Indonesia, turut hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Ignasius Jonan. Luhut dan Budi Karya juga sempat menjajal mobil Tesla milik BlueBird.

Simak video mewahnya interior taksi listik Blue Bird di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading