Terakhir Kali Facebook-WhatsApp-Instagram Down, Ini Sebabnya

Fintech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
15 April 2019 11:46
Terakhir Kali Facebook-WhatsApp-Instagram Down, Ini Sebabnya Foto: Arie Pratama
Jakarta, CNBC Indonesia - Media sosial ternama, Facebook, Whatsapp dan Instagram baru saja 'pulih' setelah platformnya sempat down selama 2 jam lebih pada Minggu (14/4/2019).

Pada masalah ini, Facebook tidak merinci lebih jauh penyebab atau gambaran luasnya kejadian tersebut. Namun, Downdetector.com mengindikasikan ada lebih dari 12.000 kejadian di mana pengguna melaporkan masalah mengakses Facebook sementara 3.000 orang melaporkan masalah terkait WhatsApp, dan 7.000 orang bermasalah dengan Instagramnya.

"Hari ini, beberapa pengguna mungkin mengalami masalah mengakses aplikasi-aplikasi ini. Masalah ini telah diselesaikan; kami mohon maaf atas ketidaknyamanan ini," kata juru bicara Facebook kepada Reuters.


Sebelumnya pada Maret 2019, Facebook, Whatsapp dan Instagram juga sempat mengalami mengalami masalah teknis yang membatasi beberapa pengguna untuk mengakses dan memposting di seluruh layanannya. Saat itu masalah terjadi selama lebih dari 24 jam


"Di awal hari ini, masalah jaringan telah membatasi beberapa orang untuk mengakses atau memposting di layanan Facebook. Kami langsung melakukan investigasi dan memulai pemulihan akses, dan kami telah menyelesaikan seluruh masalahnya untuk semua orang. Kami meminta maaf untuk ketidaknyamanan ini," kata juru bicara Facebook, Jay Nancarrow.

Masalah tersebut dialami pengguna di seluruh dunia secara acak dan tidak berdampak pada daerah spesifik. Mayoritas pengguna merasakan masalah kurang dari 90 menit yang disertai ribuan laporan komplain.

Dari masalah ini, kita juga dapat melihat bahwa Facebook, Instagram dan Whatsapp kemungkinan memiliki Server yang sama karena memiliki masalah di saat yang bersamaan.

Saat itu Twitter mendapatkan keuntungan dari mati surinya platform Facebook. Para pengguna beralih untuk beberapa waktu dan menyebarkan berita melalui layanan burung biru.

Simak video Facebook, WhatsApp, dan Instagram di bawah ini:
[Gambas:Video CNBC]


(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading